PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siska Mardhotillah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yenni Fitra Surya Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zulfah Zulfah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1229

Keywords:

Karangan Narasi, Paired Story Telling.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan model Paired Story Telling pada peserta didik kelas V SD Negeri 002 Pasir Sialang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V yang berjumlah 16 orang, dengan jumlah peserta didik laki-laki 6 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SDN 002 Pasir Sialang pada siklus I tergolong rendah dengan rata-rata 69,2. Selanjutnya dari 16 orang peserta didik hanya 8 orang yang tuntas, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 50%. Pada siklus II sudah baik, dengan rata-rata 78, dan dari 16 orang peserta didik terdapat 12 orang peserta didik yang tuntas, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 75%.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2011). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fadhilaturrahmi, F. (2017a). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118. https://doi.org/10/17509/EH.V912.7078

Huda, Miftahul. (2015). Cooperative Learning. Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lie, Anita. (2014). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Surya, Y. (2017). Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkat Hasil Belajar Ips Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP).

Tarigan, H. G. (2013). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Downloads

Published

2020-09-30