MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN BOWLING ARITMATIKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A TK AN- NUR UJUNG PADANG KAMPAR UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1227Keywords:
Bermain Bowling Aritmatika, Perkembangan KognitifAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya perkembangan kognitif di TK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan bermain bowling aritmatika pada anak usia 4–5 tahun TK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan jumlah anak sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki–laki dan 7 orang anak perempuan. Secara umum perkembangan kognitif belum berkembang. Sesudah mulai bermain bowling aritmatika pada siklus I dan II berkriteria baik yang artinya secara klasikal atau secara umum perkembangan kognitif sudah berkembang sangat baik. Dalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatan yang diperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus I peningkatan sebesar 32,8 %. Sedangkan peningkatan perkembangankognitif dari siklus I dan II sebesar 48,8% dan secara keseluruhan peningkatan perkembangan kognitif dari siklus I ke siklus II sebesar 97,8%.References
Apriani,A(2010).Penerapan Permainan Bowling Adaptif dalam Meningkatkan Bilangan 1-10 padaAnak TK. Bandung: B Prima Bakti.
Aqib,dkk. (2018). Teoridan Aplikasi Penelitian Tindakan kelas.
Yogyakarta:Deepublish
ArikuntoSuharsimi,dkk. (2010).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pt. Bumi Aksara
Arsyad. (2016). Media Pembelajara. Jakarta : PT. Raja grafindo Persada Djamarah. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fatimah Ibda. (2013). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget.Vol 3 no 1
Hartati, S. (2015). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.
Kusumah, dkk.(2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks
Margono,s.(2010).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:PT.RinekaCipta
Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung : PT. Remaja
Rosdalarya Nurani. (2012). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : PT iIndeks
Pratiwi , Wiwik.(2010). Konsep Bermain pada Anak Usia Dini
Rahmani,Milkanda.(2014). Buku Super Lengkap Olaraga.Jakarta: DuniaCerdas
Satrock J.W.(2011). Perkembangan Anak .Jakarta: PT Gelora
Aksara Pratama Sriningsih, N. (2017). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung : Pustaka Sebelas
Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sumarni.S. (2012).Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: InsanMadani
Sujiono,YulianiNuraini. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Susanto.A.(2011).PerkembanganAnakUsiaDiniPengantardalamberbagaiAspek.
Jakarta : KencanaPrenada Group
Trianto.(2010). Desain Pengembangan Tematikbagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak kelas awal SD/MI. Jakarta : KencanaPrenada Media Group
Trihaso,Agung.(2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini.