PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Fitri Lestari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rusdial Marta Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Vigi Indah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1225

Keywords:

Pendidikan, Keluarga muda, Anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak usia dini pada keluarga muda di Desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Keluarga muda yang memiliki anak usia dini. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola asuh yang ada pada keluarga muda di Desa Sumber Makmur terdiri dari 2 jenis pola asuh, yaitu pola asuh permisif dan otoriter; 2) Fasilitas yang diberikan sudah memberikan fasilitas bagi pendidikan dan pengembangan diri anak usia dini mereka; 3) Pemantauan terhadap perkembangan (fisik-motorik, kognitif, dan afektif) anak melalui hasil-hasil dari pembelajaran anak, baik pembelajaran yang anak peroleh di sekolah ataupun hasil dari pembelajaran yang anak peroleh saat belajar bersama orangtua di rumah.

References

Ambarwati. (2013). “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (Swasta) Al Ulum Medan.†Jurnal Tabularasa PPS UNIMED.

Arends.2018. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: P.T. Tarsito

Arikunto, 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif, ( Medan, Media Persada, 2014).

Cockraft.2009. Pemecahan Masalah Matematika. UPIPRESS.Bandung

Dahar.2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yogyakarta,Pustaka Pelajar, 2017).

Daniel Muijss.2008. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Denim.2011.Matematika Sebagai Pemecahan Masalah, bandung: Setia Budi.

Erman.2008. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Komunikasi Matematik, dan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Disertasi pada SPS UPI.: Tidak Diterbitkan.

Evans.2014. Pemecahan Masalah Matematika. UPIPRESS.Bandung.

Fatimah, Trind Pengajaran dan Pembelajaran Matematika Utusan Publicatoin & Distributor SDN BHN, Kuala Lumpur:Print-Ad Sdn-Bhn, 2009.

Huda.2014. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: P.T. Tarsito.

Hudojo.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang sidimpuan. Vol.1 No 1. Desember 2016.

Marta. R ( 2017). “ Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Siswa Sekolah Dasar†Universitas Pahlawan Tunaku Tambusai No. 23 Bangkinang. Vol 1(1).

Marta. R (2017). “ Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 008 Langgini Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Kancing Gemerincing†Vol. 7, (1).

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

John Dewey. 2009. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada

Joice, Weil. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Kosasih. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Pemahaman Matematik Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol. 2 No. 1 Maret 2016.

Kusumah. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK di Kota Tasikmalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol. 1 No. 1 September 2015.

Lerner. 2009. Student’s Character Building Through Guided Discovery Learning With Probing Prompting Strategi. International Journal. Purwokerto.

Mawaddah, Annisa. 2015. Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses terhadp Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi.

Moleory. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Menggunakan Concept Map terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 4 No. 2 September 2016. 71-74.

Offirston. 2014. Analisis Korelasi Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMPN 3 Luragung Jabar. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2.

Polya. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Saad & Ghani. 2008. Masalah Matematika di sekolah negeri. Jakarta.

Sardiman. 2010. Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri q Bengkulu. Jurnal Exacta. Vol. IX No.1. Juni 2011.

Soekamto. 2014. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: P.T. Tarsito.

Suherman. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar- Ruzz Media.

Sukardi. 2013. Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Halongonan. Jurnal Pendidikan MIPA STKIP “Tapanuli Selatan†Padangsidimpuan. Vol 001/ Nomor 6c. Hal 451-567.

Susilawati. 2008. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta. Prestasi Pustaka

Suprijono.2009. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas. Jakarta.

Suyatno. 2014. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Perdana Publishing. Medan.

Usman. 2003. Manajemen Penelitian. RinekaCipta. Jakarta.

Wardhani. 2007. The Implentation of The Polya Method in Solving Euclidean Geometry Problems.International Education Studies.

Wilson. 2013. The Development of Learning Materials of Online Probing-Prompting Method at IAIN Antasari in Indonesia. Al-Ta’Lim Jurnal. 24(1), HSBN.

Downloads

Published

2020-09-30