Penerapan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII.IPA SMAN 14 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.12131Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada materi hukum kirchoff dengan penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas XII.IPA SMAN 14 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas XII.IPA yang berjumlah 38 orang siswa, 14 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa soal ulangan harian berbentuk objektif sebanyak 10 soal. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Model pembelajaran NHT membutuhkan kerjasama dalam kelompok dan setiap siswa dalam kelompok diberi nomor yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan daya serap serta aktiftas siswa. Ketercapaian rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 72,27 dan mengalami peningkatan menjadi 84,54 pada siklus 2. Berdasarkan data-data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XII.IPA SMAN 14 Pekanbaru.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).