KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BAHAN LOOSE PART PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI BANGKINANG KOTA

Authors

  • Nurfadilah Nurfadilah Universitas Pahlawan
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan
  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1193

Keywords:

Kemampuan Motorik Halus, Permainan Kolase, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan bahan Loose part pada anak usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kabupaten kampar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu metode yang bersifat memaparkan sejelas jelasnya tentang objek yang diteliti, serta menggambarkan secara keseluruhan, sistematis dan akurat. Penelitian ini dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya prilaku, presepsi, motivasi , tindakan dan lain-lain, secara holistik dan dengan cara deksripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak dengan persentase kenaikan 22%, hal ini dapat di lihat dari sebelum penelitian diperoleh nilai rata- rata 60% namun setelah dilakukan penelitian meningkat menjadi 82%.

References

Bambang, Sujino. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Beal, D.J & Delpachtra, S. B. (2003). Financial Literacy Among Australian University Stu- dents. Economic Papers, 22(1), 65-78.

Budiono, M.A. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang system Pendidikan nasional.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama : Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. Yogyakarta: KAPS.

Hildayani, Rini. 2006. Psikologi Perkembangan Anak. Univesitas Terbuka.

Kamaril, Cut dkk. 2003. Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kasim, Saleh. 1981. Kerajinan Tangan. Jakarta: Dipdiknas.

Kurniawati. 2011. Penerapan Pembelajaran teknik kolase untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada kelompok B di TK SBI. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang: Malang

Moleong, j, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningtyas. 2012. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kolase berbahan alam Pada Kelompok B di TK Muslimat NU Khadiyah Nganjuk. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah: Mojokerto

Downloads

Published

2020-09-30