IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IX.3

Authors

  • Winda Harniati SMPN 1 Mempura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1189

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, HOTS, PKN

Abstract

High Order Thinking Skills merupakan suatu proses berpikir siswa dalam level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep dan metode kognitif dan taksonomi pembelajaran seperti metode problem solving, taksonomi bloom, dan taksonomi pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. HOTS merupakan keterampilan berpikir yang erat kaitannya dengan mata pelajaran PKN. PKN dikenal sebagai ilmu yang melatih siswa dengan kemampuan berpikir kritis, logis, analitis, dan sistematis yang merupakan kemampuan HOTS.

References

Ariandari, W.P. 2015. “Mengintegrasikan Higher Order Thingking dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015â€. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nur Dinni, H. 2018. HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika).

Sapriya. (2009) Pendidikan PKN. Bandung: Rosda Karya.

Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi Guru PTK yang Profesional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-09-30