PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164Keywords:
Minat Belajar, model Role Playing.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran tema organ gerak hewan dan manusia dengan menerapkan model Role Playing di SDN 007 Pulau Lawas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, ketuntasan hasil minat belajar siswa hanya mencapai 35,26 % dalam kategori sedang. Dalam melaksanakan siklus 1 Pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 38,27 % kategori sedang. Siklus 1 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 45,55 % kategori sedang. Pada siklus 2 Pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 58,92 % kategori tinggi. Sedangkan dalam melaksanakan siklus 2 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 77,36 % kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Role Playing dapat meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar.References
Adawiyah. Fahri. (2017). “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Fiqih Kelas IV MI AL Madani Tajur Halang Kab. Bogorâ€. Journal of Elementary Education. Vol. 1, Nomor. 2.
Anggraini. E. (2013). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas Xi Ips Sman 3 Surakarta. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University of Surakarta.
Fauziah. A. DKK. (2017). “Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerangâ€. Jurnal JPSD. VOL. 4, No. 1.
Marleni. L. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Bangkinangâ€. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1.
Maskurin. (2018). “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Kegiatan Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantu Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SD 5 Gondosariâ€. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 1, No. 2.
Nurhasanah. & Sobandi. (2016). “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 1.
Nurhasanah. M. (2020). “Role Model Pembelajaran Sebagai Sarana Inovatif Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19â€. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam. Vol. 6, No. 1.
Pratiwi. I., DKK. (2018). “Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Rendah Sdn Kupang Curahdami Bondowosoâ€. Jurnal Unej ac. Id. Prosiding FKIP, Hal. 84-91.
Putrayasa. Syahruddin & Margunayasa. (2014). ‘Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA siswaâ€.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087. Vol 2. No 1.
Rahmawati. S. & Suwarjo. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Sd Negeri 58 Kota Bima. Jurnal Fip.
Saraswati, Kristin, dan Anugraheni. (2018). “Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model means ends analysis (MEA) bagi siswa kelas 5 SD Negeri Sumogawe 02. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. V0l 4, (1).
Syardiansah. (2016). “Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemenâ€. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 5, No. 1.
Undang – Undang SISDIKNAS. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Whusqo, U. (2019). Peningkatan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Pada Siswa Sekolah Dasar. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang.