PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN Number Head Together (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI PARUMAAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1150Keywords:
NHT, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran NHT pada siswa kelas III SD Negeri Parumaan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek seluruh siswa kelas III SD Negeri Parumaan Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 22 orang. Data hasil belajar yang dikumpulkan dengan tes hasil belajar IPA. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran NHT dapat meningkatkan Hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas III di SD Negeri Parumaan. Hal ini dapat diketahui dari hasil yang diperoleh pada siklus I, ratarata hasil belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 52,64 dengan persentase sebesar 52,64% termasuk kategori hasil belajar sedang. Setelah diadakan perbaikkan pada siklus II, diperoleh hasil belajar mencapai 81,93 dengan persentase 81,93 % termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT pada mata pelajaran IPA dapat meningkat.References
Dimyati dan Moedjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. University Press. Surabaya.
Kurniasih & Sani. 2015. Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena
Kusumaningtyas, Y. P., & Kusmayadi, T. A. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write ( Ttw ) Dan Numbered Head Together ( Nht ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Konsep Diri Belajar Matematika Siswa Di Smp Negeri E-Kabupaten Blora. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(2), 215–225.
Lapono, Nabisi, dkk. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Miaz, Y. (2015). The Implementation Of Numbered Heads Together To Improve The Students’ Achievement Of Social Sciences In Primary School. Research Journal of Social Sciences. 8 (10). 40-45.
Nur, Mohamad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur: Depdiknas.
Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.