PENERAPAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DALAM MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF DI KELAS IXA SMP NEGERI 1 MEGO

Authors

  • gabriel frans SMP NEGERI 1 MEGO

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1146

Keywords:

kemampaun berbicara, pidato persuasif, modeling.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia dalam menyampaikan pidato persuasif melalui teknik modeling di kelas IXA SMP Negeri 1 Mego. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian diambil dari aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan mengamati aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan teknik modeling. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan yaitu pertemuan I dan pertemuan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan teknik modeling dalam pembelajaran membuat siswa lebih bersemangat dan sangat antusias. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik modeling dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia dalam menyampaikan pidato persuasif di kelas IXA SMP Negeri 1 Mego.

References

Ahmad. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher.

Arsjad, Maidar G. dan U. S. Mukti. 1998. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. IKIP Jakarta: Erlangga.

Bandiyah. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpidato Melalui Teknik Pemodelan Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Depdikbud RI, Pusat Pembinaan dan Pembinaan Bahasa. 2005. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Pustaka Setia.

Dipodjojo. 2027. Retorika Bertutur Efektif. Jawa Timur: Asri Press

Gabri. 2011. Seni Pidato. Yogyakarta: Cemerlang Publising.

Karomani. 2011. Keterampilan Berbicara 2. Ciputat Tangerang Selatan:Matabaca Publishing.

Kemmis, R. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deaking University.

Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Ende-Flores: Nusa Indah.

Khalik, Abdul.2009. Pengajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Makassar ; PGSD FIP UNM.

Marten. 2012. Optimalisasi Pembelajaran Keterampilan Berpidato melalui Strategi Modeling Bagi Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kulawi. Tesis. :Diterbitkan di Jurnal Kreatif Tadulako (Online Vol. 2 No. 3).

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nio, Be Kim Hoa. 2008. Percakapan dan Diskusi. Jakarta: P3G Depdikbud.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran dan Sastra. Yogjakarta: BFE.

Nurhadi. 2012. Panduan Pidato Luar Biasa. Yogyakarta: Mega Books.

PPS UNM. 2012.Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: PPS UNM.

Saksomo, Dwi. 2009. Berbicara Monologis (Wicara Individual). Malang: Universitas Negeri Malang.

Syafii. 1994. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Simon. 2005. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Wibowo. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Willis, Sofyan S. 2004. Konseling Individual teori dan praktek. Bandung : Alfabeta.

Wiyanto, Asul. 2009. Belajar Berpidato untuk Pemula. Semarang: Aneka Ilmu.

Downloads

Published

2020-09-21