MENANAMKAN MORAL SEJAK DINI MELALUI BUKU BERGAMBAR PILAR KARAKTER SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA DINI DI DESA GERBANG SARI, KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Minarni Purba Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Syahrial Syahrial Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Moh Fauziddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1140

Keywords:

Moral, buku bergambar pilar, karakter sopan santun.

Abstract

Tujuan penelitian secara umum adalah mendeskripsikan penanaman moral anak usia dini di KB Kartini Beringin Lestari. Metode penelitian adalah menggunakan PTK yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian adalah anak KB Kartini Beringin Lestari berjumlah 20 anak didik. Alat pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan anak dan guru. Tekhnik analisa data yaitu tekhnik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai karaktek sopan santun dapat meningkatkan melalui metode bercerita dengan media buku bergambar pilar karakter sopan santun. Hasil penelitian tindakan kelas yang semula pada pra siklus persentase anak dengan kriteria sangat baik 31,87% meningkat menjadi 58,43% setelah di adakan penelitian tindakan kelas pada siklus 1. Lalu penelitian melakukan penelitian kembali pada pertemuan I sampai III untuk siklus II, kemampuan moral untuk karaktek sopan santun anak meningkat signifikan menjadi 88,75%. Kesimpulannya adalah dengan buku bergambar pilar karakter sopan santun, kemampuan moral anak KB Kartini meningkat dengan baik.

References

Abdurrahman,M,Sujjadi S,(1994).Pendidikan luar biasa umum. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTA

Ali, Muhammad. (2008). Pengembangan kurikulum di Sekolah. Bandung; Sinar Baru Algensindo

Andi Hakim Nasoetion. (1982). Anak Berbakat dan Kemungkinan menemukannya di Indonesia. Jakarta : C.V Rjawali

Anitah, Sri. (2008). Strategi Pembelajaran untuk anak berbakat. Jakarta: Universitas Terbuka.

Clark, Barbara. (1983). Growing Up Gifted. Columbus Ohio; Charle s E. Merril Publishing Company,

Danuatmaja,B. (2003. Terapi Anak Autis di Rumah.Jakarta: Puspa Suara

Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung; PT Refika Aditama

Departemen pendidikan dan kebudayaan. (1994). pengembangan sekolah Unggul. Jakarta : Depdikbud

Ellah Siti Chalidah. (2005). Model pelayanan pendidikan anak autis.Jakarta: Raja Gravindo pers

Erianawati. (2005). Penggunaan Media Visual untuk ABK, (online)

Hamalik, Oemar. (2007). Manjemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hernawati, Tati. Definisi, Penyebab, Dan Jenis-Jenis Kesulitan Belajar: Diakses dari http://file.upi.edu, pada tanggal 13 Oktober 2012.

Hidayat, dkk. (2006). Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: UPI

Imandala, Iim. (2008). Penanganan Anak Berkesulitan Belajar: Diakses dari http://pendidikankhusus.wordpress.com, pada tanggal 15 Oktober 2012. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kartadinata, Sunaryo. (1996). Psikologi Anak Luar Biasa. Surabaya : Dikti

Kembara Maulia D .(2007). Homeschooling, Bandung: Progressio.

Downloads

Published

2020-09-29