MENANAMKAN MORAL SEJAK DINI MELALUI BUKU BERGAMBAR PILAR KARAKTER SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA DINI DI DESA GERBANG SARI, KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1140Keywords:
Moral, buku bergambar pilar, karakter sopan santun.Abstract
Tujuan penelitian secara umum adalah mendeskripsikan penanaman moral anak usia dini di KB Kartini Beringin Lestari. Metode penelitian adalah menggunakan PTK yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian adalah anak KB Kartini Beringin Lestari berjumlah 20 anak didik. Alat pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan anak dan guru. Tekhnik analisa data yaitu tekhnik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai karaktek sopan santun dapat meningkatkan melalui metode bercerita dengan media buku bergambar pilar karakter sopan santun. Hasil penelitian tindakan kelas yang semula pada pra siklus persentase anak dengan kriteria sangat baik 31,87% meningkat menjadi 58,43% setelah di adakan penelitian tindakan kelas pada siklus 1. Lalu penelitian melakukan penelitian kembali pada pertemuan I sampai III untuk siklus II, kemampuan moral untuk karaktek sopan santun anak meningkat signifikan menjadi 88,75%. Kesimpulannya adalah dengan buku bergambar pilar karakter sopan santun, kemampuan moral anak KB Kartini meningkat dengan baik.References
Abdurrahman,M,Sujjadi S,(1994).Pendidikan luar biasa umum. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTA
Ali, Muhammad. (2008). Pengembangan kurikulum di Sekolah. Bandung; Sinar Baru Algensindo
Andi Hakim Nasoetion. (1982). Anak Berbakat dan Kemungkinan menemukannya di Indonesia. Jakarta : C.V Rjawali
Anitah, Sri. (2008). Strategi Pembelajaran untuk anak berbakat. Jakarta: Universitas Terbuka.
Clark, Barbara. (1983). Growing Up Gifted. Columbus Ohio; Charle s E. Merril Publishing Company,
Danuatmaja,B. (2003. Terapi Anak Autis di Rumah.Jakarta: Puspa Suara
Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung; PT Refika Aditama
Departemen pendidikan dan kebudayaan. (1994). pengembangan sekolah Unggul. Jakarta : Depdikbud
Ellah Siti Chalidah. (2005). Model pelayanan pendidikan anak autis.Jakarta: Raja Gravindo pers
Erianawati. (2005). Penggunaan Media Visual untuk ABK, (online)
Hamalik, Oemar. (2007). Manjemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hernawati, Tati. Definisi, Penyebab, Dan Jenis-Jenis Kesulitan Belajar: Diakses dari http://file.upi.edu, pada tanggal 13 Oktober 2012.
Hidayat, dkk. (2006). Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: UPI
Imandala, Iim. (2008). Penanganan Anak Berkesulitan Belajar: Diakses dari http://pendidikankhusus.wordpress.com, pada tanggal 15 Oktober 2012. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kartadinata, Sunaryo. (1996). Psikologi Anak Luar Biasa. Surabaya : Dikti
Kembara Maulia D .(2007). Homeschooling, Bandung: Progressio.