Pengembangan Materi Ajar Konsep Penciptaan Alam Berbasis Islam dalam Pembelajaran IPA di SD IT Hangtuah Bagan Batu Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau-Idonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.11216Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi ajar konsep penciptaan alam berbasis islam pada pembelajaran IPA dalam bentuk komik sebagai kretifitas imajinatif siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara penelitian lapangan dan studi pustaka jenis deskriptif kualitatif. Respon siswa uji coba satu-satu diperoleh nilai rata-rata sebesar 4.29 pada kategori sangat praktis dengan tingkat keterbacaan 4.4 (88%) juga pada kategori tinggi. Sementara pada uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata respon siswa sebesar 4.29 (sangat praktis), dengan tingkat keterbacaan 4.7 (94%) juga berada pada kategori tinggi. Pada saat uji lapangan juga diperoleh respon siswa sebesar 4.30 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat dinayatakan bahwa bahan ajar IPA tema Penciptaan Alam berbentuk komik berada pada kategori sangat praktis dengan tingkat keterbacaan yang tinggi. Hal ini menunjukan bahwa produk dapat terlaksana dengan baik dan proses pembelajaraan berjalan dalam situasi normal. Secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa bahan ajar IPA tema Penciptaan Alam dalam bentuk komik mudah dipahami, menarik dan dapat meningkatkan kreativitas imajinasi siswa.Downloads
Published
2023-01-08
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).