Landasan Psikologi Kependidikan

Authors

  • Ikhwan Zainudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Eneng Ulfatun Hasanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Soleh Hidayat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.11069

Abstract

Landasan psikologis proses pendidikan adalah kajian tentang situasi pendidikan dengan penekanan pada interaksi edukatif, khususnya interaksi berbasis lingkungan antara siswa dan guru. Untuk berinteraksi langsung dengan siswa karena keragaman kegiatan pendidikan, pengajaran, pelatihan, dan bimbingan yang dilakukan guru, tuntutan yang ditempatkan pada kemampuan profesional mereka, dan latar belakang sosial pribadi mereka. Penelitian ini mengkaji landasan psikologis dari proses pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara guru dan siswa dalam pendidikan. Adapun metode penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (libraryresearch), yaitu dengan mengumpulkan data dari artikel-artikel dan buku-bukuyang berkaitan dengan Analisis Kebijakan Pendidikan dan Implementasinya hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan penguatan teori misalnya beberapa faktor yang memengaruhi perilaku individu yaitu faktor genetika, faktor dari lingkungan dan Hubungan antara kedewasaan.

Downloads

Published

2022-12-31