Peningkatan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Guided Discovery Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Sya’ada Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai
  • Iis Aprinawati Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai
  • Moli Wahyuni Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.11003

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPA di Mi Al-falah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dengan menggunakan model Guided Discovery Learning dalam pembelajaran di kelas V Mi Al-Falah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebnayak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas V Mi Al-Falah yang berjumlah 18 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 8 siswa dan siswa perempuan 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup. Keterampilan proses siswa pada siklus II tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan proses materi ekosistem di Mi Al-Falah Teratak.

Downloads

Published

2023-01-04