Dampak Bermain Game Online terhadap Kepribadian Sosial Anak Usia Dini di PAUD Islam Intan Insani Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10848Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi dampak positif dari permainan game online terhadap kepribadian sosial anak usia dini di PAUD Islam Intan Insani Kota Bengkulu, 2) untuk mengidentifikasi dampak negatif dari permainan game online terhadap kepribadian sosial anak usia dini di PAUD Islam Intan Insani Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah tujuh orang anak PAUD Islam Intan Insani sedangkan sebagai informan adalah dua orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan pada teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, adapun analisis data menggunakan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dampak positif bermain game online terhadap kepribadian sosial anak di PAUD Islam Intan Insani meliputi: a) Kerja sama, b) Simpati. Sedangkan dampak negatif bermain game online terhadap kepribadian sosial anak di PAUD Islam Intan Insani adalah: a) Berbicara kasar dan kotor, b) Pembangkang, c) Berselisih atau bertengkar, d) Mengganggu orang lain.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).