Desain LKPD Berbasis Field Trip pada Materi Ekosistem Sawah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10844Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Virtual Field Trip berbasis ESD yang valid dan praktis sehingga dapat membantu guru dan siswa dalam mempelajari materi budi daya tanaman. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan yaitu metode penelitian Design Based Research (DBR). Penelitian ini terbagi menjadi 4 tahapan yang dilakukan dengan mengadopsi desain penelitian yang disampaikan oleh Reeves. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Ciawi 2 dan siswa kelas IV SDN Ciawi 2. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil validasi ahli, hasil analisis jawaban siswa terhadap LKPD dan hasil angket respon siswa dapat disimpulkan bawa pengembangan LKPD Virtual Field Trip berbasis ESD pada materi budi daya tanaman di sekolah dasar layak digunakan. Produk LKPD yang dihasilkan dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, memfasilitasi pemahaman siswa terhadap informasi yang disampaikan, dan mendorong pembelajaran siswa yang mandiri.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).