Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Berwawancara Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Kooperatif pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10774Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dalam berwawancara menggunakan pendekatan kooperatif pada mata kuliah bahasa indonesia mahasiswa Universitas Binawan tahun ajaran ganjil, 2021-2022, Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah mahasiswa Universitas Binawan yang mengikuti mata kuliah bahasa Indonesia yang berjumlah 388 mahasiswa, namun hanya diambil sampel 5 kelompok atau 20 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dari hasil observasi, dokumen, tes dan wawancara narasumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara pada materi wawancara dalam mengajukan pertanyaan tingkat tinggi ke narasumber serta merespon permasalahan faktual dengan disertai alasan dengan pendekatan kooperatif. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan berbicara siswa yang sebelumnya hanya 45%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapa imenjadi 65% (mengalami peningkatan sebesar 20%). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 85% (mengalami peningkatan sebesar 20%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara dalam berwawancara menggunakan pendekatan kooperatif pada mata kuliah bahasa Indonesia mahasiswa Universitas Binawan.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Apriani Riyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).