Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Berwawancara Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Kooperatif pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Authors

  • Apriani Riyanti Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dalam berwawancara menggunakan pendekatan kooperatif pada mata kuliah bahasa indonesia mahasiswa Universitas Binawan tahun ajaran ganjil, 2021-2022, Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah mahasiswa Universitas Binawan yang mengikuti mata kuliah bahasa Indonesia yang berjumlah 388 mahasiswa, namun hanya diambil sampel 5 kelompok atau 20 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dari hasil observasi, dokumen, tes dan wawancara narasumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara pada materi wawancara dalam mengajukan pertanyaan tingkat tinggi ke narasumber serta merespon permasalahan faktual dengan disertai alasan dengan pendekatan kooperatif. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan berbicara siswa yang sebelumnya hanya 45%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapa imenjadi 65% (mengalami peningkatan sebesar 20%). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 85% (mengalami peningkatan sebesar 20%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara dalam berwawancara menggunakan pendekatan kooperatif pada mata kuliah bahasa Indonesia mahasiswa Universitas Binawan.

Downloads

Published

2022-12-31