Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Partisipasi Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 14 Pontianak Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10745Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar negeri 14 pontianak selatan. Menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung pada pola asuh orang tua dan partisipasi orang tua serta teknik dokumenter untuk hasil belajar siswa. Alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pola asuh orang tua dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar sebesar 0,557, antara pola asuh otoriter dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar sebesar 0,519, antara pola asuh demokratis dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar sebesar 0,516, antara pola asuh permisif dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar sebesar 0,448, dan berkategori sedang. rtabel 0,388 dengan taraf signifikansi 5% maka 0,557>0,388, 0,519>0,388, 0,516>0,388, 0,448>0,388. Berdasarkan penelitian, maka disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dan partisipasi orang tua mempengaruhi hasil belajar.Downloads
Published
2022-12-28
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).