The Effect of Fix-Up Trategy to Students’ Reading Comprehension
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10704Abstract
Penelitian ini membahas tentang kemampuan pemahaman bacaan siswa SMA Swasta Swadaya Pulau Rakyat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi fix-up dan konvensional berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Swadaya Pulau Rakyat dan diambil sebagai sampel dengan menggunakan sampling jenuh. Siswa kelas X IIS-2 sebagai kelompok eksperimen diajari fix-up strategy. Penelitian ini menggunakan pre-test and post-test control group design, dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test di setiap kelas. Instrumen data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus Mann Whitney. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan strategi fix-up berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa Mean kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol atau 88,6 > 78,4. Jadi, Ha diterima, dengan kata lain penggunaan strategi fix-up lebih efektif dan signifikan dibandingkan dengan menggunakan strategi konvensional.Downloads
Published
2022-12-27
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).