The Effect of Fix-Up Trategy to Students’ Reading Comprehension

Authors

  • Yen Aryni Asahan University
  • Humairoh Sitorus Asahan University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10704

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan pemahaman bacaan siswa SMA Swasta Swadaya Pulau Rakyat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi fix-up dan konvensional berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Swadaya Pulau Rakyat dan diambil sebagai sampel dengan menggunakan sampling jenuh. Siswa kelas X IIS-2 sebagai kelompok eksperimen diajari fix-up strategy. Penelitian ini menggunakan pre-test and post-test control group design, dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test di setiap kelas. Instrumen data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus Mann Whitney. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan strategi fix-up berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa Mean kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol atau 88,6 > 78,4. Jadi, Ha diterima, dengan kata lain penggunaan strategi fix-up lebih efektif dan signifikan dibandingkan dengan menggunakan strategi konvensional.

Downloads

Published

2022-12-27