The Effect of Hello English Application on Students’ Vocabulary Mastery

Authors

  • Johari Afrizal Universitas Islam Riau
  • Yulianto Yulianto Universitas Islam Riau
  • Arimuliani Ahmad Universitas Islam Riau
  • Sri Rezki Mulyani Universitas Islam Riau
  • Intan Syazwina Salsabila Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10702

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari aplikasi Hello English terhadap penguasaan kosa kata siswa. Aplikasi Hello English adalah aplikasi atau web pembelajaran bahasa Inggris, yang digunakan untuk mengajarkan kosa kata bahasa Inggris, yang dapat meningkatkan keterampilan mengeja, keterampilan kosa kata, keterampilan berbicara, dan pemahaman kata. Penelitian ini bersifat eksperimental. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa kelas satu SMP Negeri di Pekanbaru, Riau Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah tes kosa kata yang terdiri dari 25 item untuk pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan sampel dari SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil antara pre-test dan post-test dengan skor rata-rata 61,13, dan 74,75. Penguasaan kosa kata siswa meningkat setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan aplikasi Hello English. Skor t_hitung lebih tinggi dari t_tabel (4,169 > 1,998). Artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu, ada pengaruh yang signifikan terhadap kosa kata siswa kelas satu setelah diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English.

Downloads

Published

2022-12-27