The Effect of Hello English Application on Students’ Vocabulary Mastery
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10702Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari aplikasi Hello English terhadap penguasaan kosa kata siswa. Aplikasi Hello English adalah aplikasi atau web pembelajaran bahasa Inggris, yang digunakan untuk mengajarkan kosa kata bahasa Inggris, yang dapat meningkatkan keterampilan mengeja, keterampilan kosa kata, keterampilan berbicara, dan pemahaman kata. Penelitian ini bersifat eksperimental. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa kelas satu SMP Negeri di Pekanbaru, Riau Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah tes kosa kata yang terdiri dari 25 item untuk pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan sampel dari SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil antara pre-test dan post-test dengan skor rata-rata 61,13, dan 74,75. Penguasaan kosa kata siswa meningkat setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan aplikasi Hello English. Skor t_hitung lebih tinggi dari t_tabel (4,169 > 1,998). Artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu, ada pengaruh yang signifikan terhadap kosa kata siswa kelas satu setelah diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English.Downloads
Published
2022-12-27
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).