Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Metode Bercerita dengan Media Gambar

Authors

  • Yenda Puspita Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah
  • Fitriana Fitriana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah
  • Nelia Guswanti Universitas Islam Riau
  • Leny Julia Lingga Universitas Islam Riau
  • Zalisman Zalisman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10647

Abstract

Anak terlihat terbiasa berperilaku tidak sopan, anak tidak terbiasa bersikap ramah, tidak disiplin, tidak memiliki rasa percaya diri, tidak memiliki kepedulian terhadap sesama dan tidak bertanggung jawab. Dan dalam pembelajaran dikelas anak tampak susah berinteraksi dengan guru, serta anak kurang dapat bekerja sama dengan temannya saat mengerjakan tugas bersama.cemburu atau bahkan sedih terhadap sesuatu yang menimpa dirinya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode bercerita dengan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan. Metode dilakukan dengan menggunakan siklus model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap (Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi). Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan melalui metode bercerita dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak-anak di TK An-Namiroh Pusat.

Downloads

Published

2022-12-31