Manajemen Penyelenggaraan PAUD di Kelompok Bermain Taman Sari Kenten Laut

Authors

  • Dessi Andriani Universitas PGRI Palembang
  • Padilah Padilah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10630

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kurikulum, pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan sarana prasarana dan evaluasi program KB Taman Sari. Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan kurikulum (KTSP) berjalan dengan baik, dibuat bersama SDM yang ada dilembaga dan mengikutsertakan komite. Kurikulum KTSP yang dibuat mengacu pada Permendikbud 146 tahun 2014, pengelolaan tenaga pendidik di KB TAMAN SARI melalui tahap perencanaan mulai dari perekrutan, pembagian tugas serta mengembangkan kompetensi. Pengembangan kompetensi tenaga pendidik KB Taman Sari dilakukan dengan mengikuti Diklat Dasar, seminar, workshop dan pelatihan. Untuk pengelolaan sarana prasarana melalui tahap perencanaan pengadaan sarana pendidikan (CSR, hibah, bantuan, membeli, dan membuat sendiri) perawatan, dan penghapusan apabila ada yang rusak. (4) Evaluasi program yang dilakukan oleh KB-Taman Sari dengan cara mensupervisi pendidik, berdiskusi tentang program, metode, model dan media. Kurikulum, kinerja pendidik, sarana, dan kelengkapan administrasi merupakan aspek yang dievaluasi. Evaluasi program dilakukan pada akhir tahun ajaran menjelang tahun ajaran baru.

Downloads

Published

2022-12-31