Manajemen Penyelenggaraan PAUD di Kelompok Bermain Taman Sari Kenten Laut
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10630Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kurikulum, pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan sarana prasarana dan evaluasi program KB Taman Sari. Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan kurikulum (KTSP) berjalan dengan baik, dibuat bersama SDM yang ada dilembaga dan mengikutsertakan komite. Kurikulum KTSP yang dibuat mengacu pada Permendikbud 146 tahun 2014, pengelolaan tenaga pendidik di KB TAMAN SARI melalui tahap perencanaan mulai dari perekrutan, pembagian tugas serta mengembangkan kompetensi. Pengembangan kompetensi tenaga pendidik KB Taman Sari dilakukan dengan mengikuti Diklat Dasar, seminar, workshop dan pelatihan. Untuk pengelolaan sarana prasarana melalui tahap perencanaan pengadaan sarana pendidikan (CSR, hibah, bantuan, membeli, dan membuat sendiri) perawatan, dan penghapusan apabila ada yang rusak. (4) Evaluasi program yang dilakukan oleh KB-Taman Sari dengan cara mensupervisi pendidik, berdiskusi tentang program, metode, model dan media. Kurikulum, kinerja pendidik, sarana, dan kelengkapan administrasi merupakan aspek yang dievaluasi. Evaluasi program dilakukan pada akhir tahun ajaran menjelang tahun ajaran baru.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dessi Andriani, Padilah Padilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).