Pengimplementasian Pendekatan Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10616Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pentingnya pengimplementasian pendekatan berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode literature review yakni suatu metode yang digunakan untuk mendeskripsikan temuan dari berbagai literatur yang berhubungan dan terkait permasalahan yang akan diteliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendeskripsian dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya mengenai pengimplementasian pendekatan berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, pengaplikasian pendekatan inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA yang tepat secara tidak langsung juga mampu menunjang dan mempermudah tenaga pengajar untuk dapat menumbuhkan dan menciptakan konsep belajar aktif, efektif, mandiri dan menyenangkan. Bahkan dengan pendekatan pembelajaran seperti ini, dapat meningkatkan motivasi belajar. Apabila konsep ilmiah ini diaplikasikan dalam pembelajaran, secara tidak langsung akan sikap ilmiah peserta didik akan meningkatkan begitu juga dengan perolehan hasil belajar yang ingin dicapai.Downloads
Published
2022-12-24
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).