Pengaruh Konseling Kelompok di Sekolah Swasta Berbasis Keagamaan dalam Meningkatkan Displin Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.10563Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti di salah satu sekolah swasta yang berada di bawah naungan muhammadiyah Di Tanah Datar. MTS S Muhammadiyah batu batu bulat merupakan sekolah swasta berbasis keagamaan yang berada dibawah naungan muhammadiyah bukan berada di dalam dinas pendidikan. Dari fenomena yang peneliti temukan menunjukan ada nya indikator ketidak disiplinan siswa dalam belajar. tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok disekolah swasta yang berbasis keagamaan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. yang menjadi populasi dalam penelitian peneliti ini ialah siswa kelas VIII yang menjadi subjek peneliti berjumlah 75 orang siswa teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling dengan mengambil 20 orang siswa sebagai sampel penelitian. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara membandingkan hasil rerata pretest dan posttest kelompok ekperimen dengan memakai metode statistik uji-t. berdasarkan hasil penelitian yang digunakan maka di peroleh (10,68) > tt (2,262) pada db = 9 taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, maka hipotesis alternatif () diterima dan (Ho) ditolak pada taraf signifikan 5% dengan db atau df= 9. Ini berarti bahwa konseling kelompok berpengaruh signifikan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di sekolah swasta yang berbasis keagamaan.Downloads
Published
2023-01-10
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Della Rahmadani, Wahidah Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).