Pembelajaran Berbasis Masalah Mampu Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa SMA

Authors

  • Aprilita Ekasari Universitas Musamus
  • Markus Diantoro Universitas Negeri Malang
  • Parno Parno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10451

Abstract

Penelitian ini fokus untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dengan penggunaan pembelajaran berbasis masalah pada materi suhu dan kalor. Sebanyak 30 siswa  kelas XI MIPA 8  menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif-kualitatif (mixed methods). Penelitian ini menunjukan hasil yang positif, didapatkan nilai N-Gain termasuk ke dalam kategori sedang sebesar 0,46 dan effect size yang masuk dalam kategori sangat kuat yaitu 2,55. Kemampuan metakognisi siswa meningkat pada indikator declarative knowledge, prosedural knowledge, conditinal knowledge dan information, planning, monitoring, evaluation, debugging.

Downloads

Published

2022-12-27