Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa IX pada Materi Pola dan Barisan Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10391Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kuningan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pola dan barisan bilangan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa pada pembelajaran di setiap siklusnya mengalami peningkatan, siklus I diperoleh rata-rata 41,02% dengan kriteria kurang sekali, pada siklus II diperoleh rata-rata 62,18% dengan kriteria cukup, dan pada siklus III diperoleh rata-rata 75% dengan kriteria baik. Sedangkan untuk keterampilan kooperatif siswa pada setiap siklusnya juga menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I diperoleh rata-rata 23,72% dengan kriteria kurang sekali, pada siklus II diperoleh rata-rata 49,36% dengan kriteria kurang sekali, dan pada siklus III diperoleh rata-rata 62,82% dengan kriteria cukup. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah, mengalami peningkatan dari nilai awal 27,54 menjadi nilai rata-rata 70,77.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mohamad Hamzah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).