Analisis Hubungan Pelaksanaan Praktikum dengan Keterampilan dan Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Euis Susiolowati Universitas Terbuka
  • Lina Asnamawati Universitas Terbuka
  • Ana Nurmalia Universitas Terbuka
  • Stefani Nawati Universitas Dehasen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10383

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat kelayakan sarana dan prasarana yang ada dari kedua mata kuliah praktikum IPA dan praktik Penjas termasuk mata kuliah praktik yang diwajibkan harus terlaksana dengan baik. Dengan terlaksananya praktek Penjas dan Praktikum IPA dengan baik, maka dapat mempenngaruhi nilai Penjas dan Praktikum IPA lebih baik lagi. Sarana dan prasarana untuk Penjas. Sarana dan Prasarana di sekolah masih kurang mencukupi. Untuk perkuliahan SI PGSD terutama mata kuliah Penjas dilakukan berpindah sekolah atau lokasi sekolahnya. Setelah diadakan observasi bahwa faslitas Penjas tutor harus kreatif  memilih tempat yang sarana dan prasarananya kumplit dan bisa dijangkau oleh mahasiswa untuk melakukan praktik. Mahasiswa tidak mengeluh walaupun tempat atau lapangan nya jauh dari tempat tutorial. Untuk Praktikum IPA, Kurikulum praktikum IPA: sudah sesuai kebutuhan. Kekurangan dan kelebihan praktikum IPA: kurang secara teoritis, kelebihannya lebih banyak pelaksanaan praktikum.

Downloads

Published

2022-12-31