Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10198Abstract
Penelitian ini membahas tentang kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia, guna mewujudkan pendidikan yang bermutu sesuai tantangan perkembangan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka yaitu meninjau berbagai referensi sebagai penunjang dan penguat data. Hasil penelitian menyebutkan bahwa, terdapat empat kebijakan pokok di era Kurikulum Merdeka Belajar yaitu, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Meniadakan Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi. Sementara itu, terdapat 5 strategi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar ini, yaitu penerapan kurikulum merdeka secara bertahap, menyediakan asesmen dan perangkat ajar, pelatihan mandiri dan sumber belajar guru, menyediakan narasumber Kurikulum Merdeka Belajar dan komunitas belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia, merupaka bukti bahwa kurikulum bersifat dinamis. Artinya, kurikulum selalu berubah bergantung pada kebutuhan peserta didik dan tuntutan perkembangan zaman.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Leni Nurindah Lailatul Fitriana, Nur Ahid, Guntur Eko Prasetiyo, Iin Daratista
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).