Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia

Authors

  • Leni Nurindah Lailatul Fitriana Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Nur Ahid Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Guntur Eko Prasetiyo Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Iin Daratista Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10198

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia, guna mewujudkan pendidikan yang bermutu sesuai tantangan perkembangan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka yaitu meninjau berbagai referensi sebagai penunjang dan penguat data. Hasil penelitian menyebutkan bahwa, terdapat empat kebijakan pokok di era Kurikulum Merdeka Belajar yaitu, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Meniadakan Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi. Sementara itu, terdapat 5 strategi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar ini, yaitu penerapan kurikulum merdeka secara bertahap, menyediakan asesmen dan perangkat ajar, pelatihan mandiri dan sumber belajar guru, menyediakan narasumber Kurikulum Merdeka Belajar dan komunitas belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia, merupaka bukti bahwa kurikulum bersifat dinamis. Artinya, kurikulum selalu berubah bergantung pada kebutuhan peserta didik dan tuntutan perkembangan zaman.

Downloads

Published

2022-12-31