Pemanfaatan Permainan Tradisional Bola Bekel dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10001Abstract
Bola Bekel adalah sebuah permainan tradisional yang tidak banyak diminati lagi seiring berkembangnya era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan tradisional Bola Bekel dalam upaya meningkatkan kemampuan motivasi dan hasil belajar siswa. Metodologi penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SDN Pasirjaka yang terdiri dari 31 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penerapan permainan Bola Bekel Tradisional sebagai salah satu media yang digunakan dipembelajaran pada perangkat keras operasi hitung bilangan bulat dinilai efektif, karena hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan siswa dalam meningkatkan semangat dan prestasi belajarnya.Downloads
Published
2022-12-20
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Bai Badariah, Desi Pristiwanti, Ila Rosmilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).