This is an outdated version published on 2022-11-30. Read the most recent version.

SOSIALISASI PEMBUATAN INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erni Kusrni Sitinjak Universitas HKBP Nommensen
  • Monalisa Frince S Universitas HKBP Nommensen
  • Martua Reynhat Sitanggang Universitas HKBP Nommensen
  • Elisabeth Margareta Universitas HKBP Nommensen
  • Lasma Siagian Universitas HKBP Nommensen
  • Lolyta Damora Simbolon Universitas HKBP Nommensen
  • Rani Farida Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Golda Novatrasio Sauduran Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9695

Keywords:

Instrument Tes, Wondershare Quis Creator, Aplikasi Pembelajaran

Abstract

Salah satu pemanfaatan teknologi didalam bidang pendidikan yakni pada kegiatan evaluasi tes yaitu membuat intrumen penilaian. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan penyusunan instrument tes menggunakan aplikasi wondershare quiz creator di SD Negeri 122380 Pematang Siantar bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru terkait  berbagai jenis aplikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran termasuk saat evaluasi menjadi lebih praktis, efektif dan menarik. Selain itu penyusunan instrumen tes berbasis aplikasi ini bertujuan agar pelaksanaan kegiatan asesmen tes semakin efektif, efisien dan menarik. Kagiatan sosialisasi dan pendampingan ini juga diharapkan agar guru mampu menyusun instrument tes menggunakan aplikasi wondershare quiz creator dan dapat diterapkan dalam pegiatan pembelajaran. Hasil pengabdian masyarakat diperoleh dari umpan balik peserta pelatihan yang menunjukkan pemahaman tentang aplikasi wondershare quiz creator serta kemampuan untuk menyusun instrument tes menggunakan wondershare quiz creator .

References

Dimas Virgiawan, M., Marlini, S., & Studi Pendidikan Matematika, P. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Matematika. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42. www.e-learning.unsri.ac.id

Fadillah, S., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2017). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Pontianak Barat. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9.

Hasil, T., & Matematika, B. (2021). Peqguruang: Conference Series. 3(September), 2–5.

Hermawan, R., & Informatika, P. S. (2017). Pemanfaatan Model Evaluasi Belajar Bagi Guru Di Sdn. 2(2).

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Jono, A. A. (2016). Studi Implementasi Kurikulum Berbasis Kkni Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Di Lptk Se-Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 57–68.

Linn, Robert L.; Gronlund, N. E. (2000). Measurement and Assessment in Teaching. Eighth Edition. https://eric.ed.gov/?id=ED435651

Multin, H. A., Munawar, W., & Noor, A. A. M. (2019). Penyusunan Dan Analisis Tes Kinerja (Performance Test) Pada Kompetensi Praktik Memasang Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 176. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15185

Prasetya, T. I. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru Ipa Smp N Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2), 106–112. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan, 551–556.

Zusrony, E., Widyaningsih, D., & Salatiga, K. (2021). Jurnal abdidas. 2(4), 821–828.

Downloads

Published

2022-11-30

Versions

How to Cite

Sitinjak, . E. K. ., Frince S, M. ., Sitanggang, M. R. ., Margareta, E. ., Siagian , L. ., Simbolon , L. D. ., Sinaga, R. F. ., & Sauduran, G. N. . (2022). SOSIALISASI PEMBUATAN INSTRUMEN TES MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR DI SEKOLAH DASAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2010–2014. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9695