MENINGKATKAN KESADARAN SISWA TERHADAP PENTINGNYA PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti Universitas Teuku Umar
  • Nissa Prasanti Universitas Teuku Umar
  • Iing Pamungkas Universitas Teuku Umar
  • Abdiel Khaleil Akmal Universitas Teuku Umar
  • Khairul Hadi Universitas Teuku Umar
  • Adib Adib Universitas Teuku Umar
  • Heri Tri Irawan Universitas Teuku Umar
  • Kasmawati Kasmawati Universitas Teuku Umar
  • Risnadi Irawan Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5545

Keywords:

Pendidikan, Covid-19, Generasi Muda, Milenial

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan media penyampaian ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan oleh Dosen Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar. Pelaksanaan PKM ini dengan bertema meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya pendidikan di masa pandemi covid-19. Tujuan PKM ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya pendidikan bagi generasi muda di era revolusi industri 4.0, dan terutama juga di masa Pandemi Covid-19. Peserta PKM adalahsiswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang bernaung dibawah yayasan Makmue Raya, dan juga dihadiri oleh para pengurus yayasan dan Guru yang keseluruhannya berjumlah 83 orang. Peserta PKM mengikuti sosialisasi yang berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab mengenai pentingnya pendidikan bagi generasi muda.Luaran dari PKM ini adalah membuka wawasan siswa sebagai generasi muda yang hidup di era milenial dan dalam menghadapi revolusi industri 4.0, diharapkan agar dapat lebih meningkatkan kesadaran dalam hal pendidikan. Selain itu generasi muda juga harus memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni agar mudah beradaptasi dengan berbagai perkembangan teknologi, dan tidak semakin tertinggal serta kalah dalam persaingan lokal maupun global.Perkembangan teknologi pun mempermudah generasi muda dalam belajar, terutama dalam masa pandemi covid-19 yang aksesnya secara fisik serba terbatas.

References

Astuti, M. Y. (2014). Konstruksi Karakter Nasionalisme Pada Film Soegija (Analisis Isi untuk Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Muhardi, M. (2004). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478-492.

Sutaryo. 2004. Panduan Praktis Pengaolahan Hasil Ternak. Semarang: Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 227-238

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-20

Versions

How to Cite

Sofiyanurriyanti , S. ., Prasanti, N. ., Pamungkas, I. ., Akmal, A. K. ., Hadi, K. ., Adib, A., Irawan, H. T. ., Kasmawati, K., & Irawan, R. . (2022). MENINGKATKAN KESADARAN SISWA TERHADAP PENTINGNYA PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1147–1151. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5545 (Original work published June 30, 2022)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.