PENERAPAN SISTEM APLIKASI PROMOSI DAN PENJUALAN ON LINE BERBASIS ANDROID PADA UKM BATIK BLEKOK DI KELURAHAN MANGUNHARJO KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2960Keywords:
aplikasi mobile, penjualan online, androidAbstract
Kegiatan diseminasi produk teknologi kepada masyarakat yang diajukan pada proposal ini bertujuan untuk memberikan alternatif solusi pemecahan masalah yang ada pada UKM Batik Blekok di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tembalang Kota Semarang, yaitu dengan penerapan teknologi informasi (IT) untuk digitalisasi sistem pemasaran dan penjualannya. Permasalah utama yang ada pada UKM Batik Blekok ini adalah minimnya order, ketidakpastian jumlah order, minimnya customer, dan masih terbatasnya wilayah pemasaran dan penjualannya. Alternatif solusi yang akan diterapkan di UKM tersebut adalah penggunaan aplikasi mobile untuk promosi dan penjualan berbasis android yang terintegrasi ke media sosial seperti facebook, dan instagram. Kegiatan ini direncanakan dalam waktu 5 (lima) bulan yang terdiri dari 5 tahapan meliputi: bulan pertama untuk kegiatan observasi lapangan, diskusi dengan Mitra, dan analisis situasi untuk menetapkan permasalahan yang dihadapi Mitra. Pada bulan pertama ini pula mulai dilakukan proses desain aplikasi dan database aplikasi online berbasis android. Bulan kedua digunakan untuk pembuatan aplikasi Android dan database. Bulan ketiga digunakan untuk pelatihan SDM agar terampil dalam mengoperasikan sistem aplikasi berbasis android dan sekaligus dilakukan uji coba (trial and error) penerapan dan koreksi sistem aplikasi Android. Bulan keempat dilakukan publikasi pada media massa dan jurnal, sedangkan pada bulan kelima dilakukan pembuatan laporan akhir. Sistem aplikasi promosi dan penjualan online berbasis android ini akan diterapkan di UKM Batik Blekok sehingga diharapkan dapat membantu UKM tersebut dalam mengatasi permasalahan yang selama ini dialaminya. Sistem aplikasi promosi dan penjualan online berbasis android ini akan diterapkan di UKM Batik Blekok sehingga diharapkan dapat membantu UKM tersebut dalam mengatasi permasalahan yang selama ini dialaminya. Pada akhirnya outcome yang diharapkan dari kegiatan ini adalah dapat memperluas wilayah pemasaran, meningkatkan jumlah pelanggan, meningkatkan volume penjualan dan meningkatkan omset dan keuntungan UKM Batik Blekok. Metode yang akan diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh kedua mitra ini meliputi 5 tahap/macam kegiatan yaitu:  observasi lapangan, penyediaan infrastruktur internet dan peralatan pendukung, pelatihan SDM, penerapan Sistem, aplikasi promosi dan penjualan online dan pengoperasian Sistem Aplikasi promosi dan penjualan online.Downloads
Published
2021-11-30 — Updated on 2022-07-25
Versions
- 2022-07-25 (4)
- 2022-07-25 (3)
- 2022-07-15 (2)
- 2021-11-30 (1)
How to Cite
Yudantoro, T. R. ., Mardiyono, M., Kurnianingsih, . K., Santoso, K. ., Yanwari, I. ., Wiktasari, W., Aji, N. B. ., Wibowo, A. W. ., & Thohari, A. N. A. . (2022). PENERAPAN SISTEM APLIKASI PROMOSI DAN PENJUALAN ON LINE BERBASIS ANDROID PADA UKM BATIK BLEKOK DI KELURAHAN MANGUNHARJO KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1140–1148. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2960 (Original work published November 30, 2021)
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Wiktasari Wiktasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.