This is an outdated version published on 2022-06-29. Read the most recent version.

PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR ANGATAN 3 DI SDN KEPUHPANDAK 2 KUTOREJO, KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Nisa Dwi Arini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dida Rahmadanik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5076

Keywords:

Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kampus Mengajar, Mahasiswa

Abstract

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, membuat sebuah program yang digunakan sebagai terobosan baru yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skill maupun hard skill. Program tersebut diberi nama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Merdeka Belajar Kampus Merdeka memiliki beberapa program, salah satunya yaitu Kampus Mengajar. Terdapat tiga tujuan adanya kampus mengajar yakni membantu proses pengajaran di Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP), membantu administrasi, membantu adaptasi teknologi. Salah satu sekolah yang menjadi lokasi dilaksanakannya program kampus mengajar angkatan 3 yaitu SDN Kepuhpandak 2, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Kampus Mengajar juga digunakan oleh mahasiswa untuk menambah wawasan serta pengalaman baru dimana yang tidak didapatkan di lingkup perguruan tinggi.

References

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47.

Fauzi, T. I., Astuti, N. P., & Rahmawati, D. N. U. (2021). Program Kampus Mengajar (Pkm) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di Sdn 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 483–490.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar KEMDIKBUD di Sekolah Dasar. Dedikasi, 1(2), 1–8.

Khakima, L. N., Fatimah, S., & Zahra, A. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI / SD memiliki sumber daya manusia yang melimpah , memiliki terencana untuk menciptakan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memil. Semai, 775–792.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47.

Fauzi, T. I., Astuti, N. P., & Rahmawati, D. N. U. (2021). Program Kampus Mengajar (Pkm) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di Sdn 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 483–490.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar KEMDIKBUD di Sekolah Dasar. Dedikasi, 1(2), 1–8.

Khakima, L. N., Fatimah, S., & Zahra, A. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI / SD memiliki sumber daya manusia yang melimpah , memiliki terencana untuk menciptakan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memil. Semai, 775–792.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Downloads

Published

2022-06-29

Versions

How to Cite

Arini, N. D. ., & Rahmadanik, D. . (2022). PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR ANGATAN 3 DI SDN KEPUHPANDAK 2 KUTOREJO, KABUPATEN MOJOKERTO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 917–922. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5076