This is an outdated version published on 2022-06-29. Read the most recent version.

IMPLEMENTASI KEMAJUAN TEKNOLOGI UNTUK KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF DI KELURAHAN SIDOTOPO

Authors

  • Yusuf Al Alim Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Bayu Hilmi Rachmaddian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Zevina Tantya Rochmadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Talenta Aulia Moekti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Moh. Syarif Ibadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Salsabil Al Mufidah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rohmatus Shofia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Thoriq Naufal Haq Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Iftinandea Wresti Rosyadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Anisah Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dwi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4938

Keywords:

UMKM ,Pengabdian Masyarakat , Ekonomi Kreatif ,Kewirausahaan

Abstract

Kegiatan KKN-Tematik MBKM Kelompok 45 UPN Veteran Jawa Timur pada kelurahan Sidodadi, Kota Surabaya berfokus pada skema kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Program kegiatan yang dilakukan adalah pengembangan UMKM sekitar. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah diadakannya sosialisasi digital marketing bagi para pelaksana UMKM Kelurahan Sidodadi, Kota Surabaya. Tujuan pelaksanaan program tersebut untuk mengembangkan UMKM pada E-commerce, supaya produk penjualan mereka lebih tersebar luas dan meningkatkan produksi penjualan produk. Disamping itu dengan beberapa program kerja pendampingan UMKM juga dapat membantu untuk mewujudkan apa yang telah dibicarakan oleh narasumber itu sendiri. Sebagian banyak masyarakat yang memiliki UMKM di wilayah kelurahan Sidodadi memiliki kendala untuk belum mengetahui bagaimana tata cara agar memasarkan usahanya di media online atau yang biasa di sebut E-commerce. Dengan adanya sosialisasi mengenai tema digital marketing dapat memberikan gambaran pada mahasiswa KKN Kelompok 45 dan juga masyarakat yang memiliki usaha untuk mengembangkan usahanya dan tidak hanya mengandalkan pasar secara langsung (berjualan didepan rumah) atau pasar tradisional saja. 

References

DesySetyowatiEditor:DesySetyowati.[online] katadata.co.id.Availableat:<https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6256b1aee6ab1/riset-kic-amartha-umkm-ri-kurang-maksimalkan-aplikasi-untuk-raup-cuan> [Accessed 3 June 2022].

Indonesia, D., 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. [online] Dataindonesia.id.Availableat: <https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022> [Accessed 12 June 2022].

Tiviti, F., 2022. UMKM dan Upaya Membangun Ketahanan Demi Digitalisasi. [online] CNBC Indonesia.Availableat:<https://www.cnbcindonesia.com/opini/20210809130256-14-267201/umkm-dan-upaya-membangun-ketahanan-demi-digitalisasi> [Accessed 3 June 2022].

Universitas Islam Indonesia. 2021. Mencermati Dampak Digitalisasi Bagi UMKM. [online] Available at: <https://www.uii.ac.id/mencermati-dampak-digitalisasi-bagi-umkm/> [Accessed 3 June 2022].

Setyowati, D., 2022. Riset KIC-Amartha: UMKM RI Kurang Maksimalkan Aplikasi untuk Raup Cuan Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Riset KIC-Amartha: UMKM RI Kurang MaksimalkanAplikasiuntukRaupCuan"https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6256b1aee6ab1/riset-kic-amartha-umkm-ri-kurang-maksimalkan-aplikasi-untuk-raup-cuan

Downloads

Published

2022-06-29

Versions

How to Cite

Alim, Y. A. ., Rachmaddian, B. H. ., Rochmadi , Z. T. ., Moekti, T. A., Ibadi, M. S. ., Mufidah, S. A. ., Shofia, R. ., Haq, T. N. ., Rosyadi, I. W. ., Azizah, A. N. ., & Arum, D. P. . (2022). IMPLEMENTASI KEMAJUAN TEKNOLOGI UNTUK KEWIRAUSAHAAN DAN EKONOMI KREATIF DI KELURAHAN SIDOTOPO . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 900–909. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4938