This is an outdated version published on 2022-06-15. Read the most recent version.

PENERAPAN BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM

Authors

  • Reta Anugrah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Haki Why Perwirianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Maulida Zulfania Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dewi Ratih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Elvina Nadya Aprilianda Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Satrio Hanif Haryawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Mochamad Apriadi Rachmawan Putra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Bagas Surya Wardana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Reno Andini Cahya Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rizky Thyto Ramadhan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dewi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702

Keywords:

Branding Produk, Digital Marketing, UMKM

Abstract

Perkembangan teknolgi yang terus berjalan seharusnya mulai bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk melakukan branding produk dan pemasaran secara digital. Pemasaran berbasis teknologi digital juga menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk berkembang dan menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi Indonesia. Dengan demikian, diperlukan adanya sosialisasi dan pelatihan mengenai branding produk dan digital marketing. Sehingga penulis membuat program kerja pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan sosialasi branding produk dan digital marketing. UMKM Pandawa 5 yang bergerak pada bidang usaha kuliner atau makanan menjadi salah satu peserta dalam sosialisasi tersebut. Metode pelaksanaan sosialisasi branding produk dan digital marketing menggunakan dua cara, yaitu (1) Sosialisasi branding produk dan digital marketing kepada pemilik UMKM dan (2) Pendampingan serta pelatihan untuk digital marketing. Program kerja tersebut berhasil memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya memanfaatkan teknologi informasi untuk branding dan memasarkan produk mereka. Penulis mengharapkan supaya pelaku UMKM yang telah menerima sosialisasi tersebut terus mengimplementasikan materi yang diberikan dan berinovasi mengikuti perkembangan pada teknologi informasi.

References

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Syifa, Yahya Ibnu, Mustika Kurnia Wardani. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. e-ISSN: 2746-1823.

Tim LPPM. 2022. Petunjuk Teknis KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur. Surabaya: UPNVJT.

Downloads

Published

2022-06-15

Versions

How to Cite

Anugrah, R. ., Perwirianto, H. W. ., Zulfania, M. ., Ratih, D. ., Aprilianda, E. N. ., Haryawan, S. H. ., Rachmawan Putra, M. A. ., Wardana, B. S., Cahya, R. A. ., Ramadhan, R. T. ., & Arum, D. P. . (2022). PENERAPAN BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702