MENINGKATKAN PENGETAHUAN JIWA KEWIRAUSAHAAN BAGI KELOMPOK USAHA MEKAR SARI DI DESA LAHA

Authors

  • Walter Tabelessy Universitas Pattimura
  • Pieter N. R. Rehatta Universitas Pattimura
  • Siska Saununu Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4446

Keywords:

Jiwa Kewirausahaan, Kelompok Usaha, Pengetahuan

Abstract

Menjamurnya Indomaret dan Alfamidi di Kota Ambon pada satu sisi, menunjukkan perkembangan perekonomian yang baik, tetapi di sisi lain, gairah ekonomi itu ternyata memicu keresahan di kalangan pelaku usaha kecil dan menengah. Dalam kondisi persaingan yang semakin ketat antara usaha kecil dan pasar modern yang terjadi di Kota Ambon, salah satu usaha kecil yang harus bertahan yaitu Kelompok Usaha Mekar Sari yang terletak di Desa Laha. Selain persaingan usaha dengan adanya pasar modern disekitar lokasi usaha Kelompok Usaha Mekar Sari, maka kelompok usaha ini juga mempunyai masalah internal yang biasa dihadapi oleh pelaku usaha yaitu masih minimnya pengetahuan tentang jiwa kewirausahaan yang akan mempengaruhi keinginan untuk menjadi wirausaha yang baik. Agar dapat  menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Kelompok Usaha Mekar Sari, maka sangat perlu diberikan penyuluhan tentang pengetahuan jiwa kewirausahaan pada kelompok usaha ini. Kegiatan dilakukan dengan metode berupa ceramah sekaligus terdapat sesi tanya jawab dan diskusi. Kegiatan pelatihan seperti ini memang harus menjadi bagian penting bagi Kelompok Usaha Mekar Sari di Desa Laha. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bahkan mengembangkan cara berusaha tiap anggota sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin modern dengan berbagai teknologi.

References

Anjaningrum, W. D., Yogatama, A. N., Sidi, A. P., Hermawati, A., & Suci, R. P. (2021). Strategi Penguatan Kapabilitas Ekonomi Kreatif di Era Digital (N. Adinda (ed.)). PT. Litera Media Tama. https://repo.asia.ac.id/index.php/s/sjBNkgtZ38sCm2q

Merry M. Pelupessy, Erlinda Tehuayo, W. T. (2021). Menumbuhkan Jiwa Enterprenuer Masyarakat Desa Sawai Pada Masa Pandemi Covid-19. Communnity Development Journal, 2, 1081–1086.

Mualifah, A. U., & Prasetyoningrum, A. K. (2021). Analisis Pengaruh Jiwa Wirausaha, Akses Modal, Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Kletek Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati). Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 3(1), 9–22. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v3i1.64

Oktavia, deby wahyu indri, Hariani, lilik sri, & Edi, W. (2017). Pengaruh Locus of Control , Jiwa Kewirausahaan , Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–7.

Purnomo, B. R. (2017). Efektivitas Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Tunarungu. Ekspektra?: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.25139/ekt.v1i1.85

Rintan Saragih. (2017). Amembangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial Rintan.

Sitaniapessy, R. H. (2021). Komunikasi Pemasaran Teori, Konsep dan Strategi (M. Rosyiful Aqli (ed.)). CV. Lentera Nusantara Abadi.

Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318

Downloads

Published

2022-05-31 — Updated on 2022-05-31

Versions

How to Cite

Tabelessy, W. ., Rehatta, P. N. R. ., & Saununu, S. . (2022). MENINGKATKAN PENGETAHUAN JIWA KEWIRAUSAHAAN BAGI KELOMPOK USAHA MEKAR SARI DI DESA LAHA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 589–594. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4446