This is an outdated version published on 2022-05-26. Read the most recent version.

PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM RANGKA PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT DESA NGGUYANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Nurul Mahruzah Yulia Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Ainu Zuhriyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4391

Keywords:

Digital Marketing, Pelatihan Marketing Online, Pemulihan Ekonomi, UMKM

Abstract

Salah satu dampak yang paling besar adanya pandemi Covid-19 adalah dalam bidang ekonomi, khususnya pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Begitu juga yang dialami pelaku UMKM di Desa Ngguyangan Kec. Trucuk Kab. Bojonegoro, yang mengalami dampak penurunan omset lebih dari 50%. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memulihkan keadaan tersebut, dengan memperluas pemasaran melalui pemanfaatan teknologi. Kegiatan ini merupakan pelatihan digital marketing untuk pemilik UMKM Di Desa Ngguyangan. Tujuan kegiatan ini dilakukan agar pelaku Usaha dapat memanfaatkan teknologi/ internet untuk memperluas dan menunjang pemasaran secara online. Apalagi di masa pandemi akses internet yang dimanfaatkan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu. Pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan luaran berupa akun-akun digital marketing bagi pemilik usaha, sekaligus para peserta mempraktekkan secara langsung pemasarannya. Pengabdian yang dilakukan menggunakan metode Pelatihan  yang dilakukan dengan demonstrasi dan praktek langsung, serta pendampingan kepada pelaku usaha, agar pelatihan ini bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Hasil pengabdian ini mendapat feedback positif dari pelaku UMKM dan menghasilkan luaran akun-akun usaha pada beberapa aplikasi digital marketing.

References

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2012). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang, 19(1).

Karimi, S., & Naghibi, H. sadat. (2015). Social Media Marketing (SMM) Strategies For Small to Medium Enterprises (SMES). International Journal of Information, Business and Managemen, 7(4).

Kurniawati, K. R. A., Santosa, F. H., & Bahri, S. (2020). Sosialisasi Hidup Sehat di Tengah Wabah Virus Corona. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 58–65.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasiha, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 7–13.

Normansyah. (2022). Memberdayakan umkm dalam ekonomi di kelurahan bunut kecamatan kisaran barat kabupaten asahan. Journal, Communnity Development, 3(2), 379–383.

Purnomo, N. (2021). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3).

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Wiediawati, A. M., Pratiwi, A. A., & Bimandra, G. (2019). No Title. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Downloads

Published

2022-05-26

Versions

How to Cite

Yulia, N. M. ., & Zuhriyah, A. . (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM RANGKA PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT DESA NGGUYANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 468–473. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4391