PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM RANGKA PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT DESA NGGUYANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4391Keywords:
Digital Marketing, Pelatihan Marketing Online, Pemulihan Ekonomi, UMKMAbstract
Salah satu dampak yang paling besar adanya pandemi Covid-19 adalah dalam bidang ekonomi, khususnya pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Begitu juga yang dialami pelaku UMKM di Desa Ngguyangan Kec. Trucuk Kab. Bojonegoro, yang mengalami dampak penurunan omset lebih dari 50%. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memulihkan keadaan tersebut, dengan memperluas pemasaran melalui pemanfaatan teknologi. Kegiatan ini merupakan pelatihan digital marketing untuk pemilik UMKM Di Desa Ngguyangan. Tujuan kegiatan ini dilakukan agar pelaku Usaha dapat memanfaatkan teknologi/ internet untuk memperluas dan menunjang pemasaran secara online. Apalagi di masa pandemi akses internet yang dimanfaatkan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu. Pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan luaran berupa akun-akun digital marketing bagi pemilik usaha, sekaligus para peserta mempraktekkan secara langsung pemasarannya. Pengabdian yang dilakukan menggunakan metode Pelatihan yang dilakukan dengan demonstrasi dan praktek langsung, serta pendampingan kepada pelaku usaha, agar pelatihan ini bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Hasil pengabdian ini mendapat feedback positif dari pelaku UMKM dan menghasilkan luaran akun-akun usaha pada beberapa aplikasi digital marketing.References
Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2012). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang, 19(1).
Karimi, S., & Naghibi, H. sadat. (2015). Social Media Marketing (SMM) Strategies For Small to Medium Enterprises (SMES). International Journal of Information, Business and Managemen, 7(4).
Kurniawati, K. R. A., Santosa, F. H., & Bahri, S. (2020). Sosialisasi Hidup Sehat di Tengah Wabah Virus Corona. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 58–65.
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasiha, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 7–13.
Normansyah. (2022). Memberdayakan umkm dalam ekonomi di kelurahan bunut kecamatan kisaran barat kabupaten asahan. Journal, Communnity Development, 3(2), 379–383.
Purnomo, N. (2021). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3).
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.
Wiediawati, A. M., Pratiwi, A. A., & Bimandra, G. (2019). No Title. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Downloads
Published
Versions
- 2022-05-26 (2)
- 2022-05-26 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul Mahruzah Yulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.