PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK LOKAL UMKM DI DESA GADINGREJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4044Keywords:
Digital Marketing, Pemasaran, Produk Lokal, UMKMAbstract
Seiring dengan berkembangnya zaman, persaingan di dunia bisnis saat ini semakin mengalami peningkatan. Di zaman yang penuh dengan teknologi ini, eksistensi teknik pemasaran secara digital atau yang biasa disebut dengan Digital Marketing mengalami peningkatan dan mulai menyaingi keberadaan teknik pemasaran tradisional. Digital marketing dinilai lebih efektif karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan memungkinkan siapapun dapat mengakses dan memperoleh informasi serta melakukan proses jual-beli dengan lebih mudah. Kegiatan Sharing Session dan Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan produk lokal melalui jejaring media sosial ini bertujuan untuk melatih para pelaku usaha yang ada di Dusun Dompon dan Dusun Gadingan, Desa Gadingrejo dalam memaksimalkan penggunaan media digital khususnya sosial media sebagai media pemasaran produk. Adapun tahapan dari kegiatan ini adalah tahap persiapan dan tahap pelatihan serta Sharing Session. Hasil dari kegiatan ini adalah para pelaku usaha memperoleh informasi mengenai kegunaan dari berbagai fitur yang ada di aplikasi WhatsApp Business dan Facebook Marketplace, penggunaan bahasa iklan, dan teknik pendistribusian produk.References
Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan pemasaran dan kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42-47.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.
Rizal, M., Aslinda, A., Firman, M. J., & Siraj, M. L. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.
Downloads
Published
Versions
- 2022-06-02 (2)
- 2022-06-02 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Basuki Nur Halim, Arfina Sa’diyah, Nur Ishaq Fauzi, Ucie Soifatul Fauzi, Muhammad Fuadzy Al Khadziq, Melly Amalia, Khanifatus Solikhah, Ahmad Faqih, Siti Mutoharotul Awaliyah, Wahyu Irawati, Hidayatus Sibyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.