PEMBENTUKAN KOMUNITAS BAHASA INGGRIS “ENGLIFY ENGLISH COMMUNITY” DI SMA NEGERI 2 KOTA TERNATE

Authors

  • Safrudin Amin Universitas Khairun
  • Dewi Apriani Aco Universitas Khairun
  • Citra Buana Halil Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37894

Keywords:

Komunitas Bahasa Inggris, SMA Negeri 2 Kota Ternate, Maluku Utara

Abstract

Kegiatan  Pengabdian  kepada Masyarakat ini  merupakan  kegiatan  pengabdian  yang  melibatkan  dosen  dan  mahasiswa-siswi program  studi  Antropologi Sosial,  Fakultas  Ilmu Budaya,  Universitas Khairun.  Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh 3 orang dosen dan 2 Mahasiswa-siswi yang ikut  serta  dalam pelaksanaan pengabdian  ini.  Dalam  kegiatan  ini  dosen-dosen  berperan  dalam merumuskan pembentukan Komunitas Bahasa Inggris, lalu kemudian memberikan pelatihan terkait kegiatan-kegiatan berbahasa inggris yang akan dilakukan seperti: self introduction, greetings, daily convertion, story telling, quiz, games dan general topic discussion yang dibantu  oleh  mahasiswa-siswi  dalam mempersiapkan  kegiatan  tersebut  di SMA Negeri 2 Kota Ternate Kelurahan Ubo-Ubo, Kec. Ternate Selatan , Kota Ternate, Maluku Utara.Kegiatan ini memiliki dua keuntungan yakni: (1) Kontribusi secara internal yang dapat menghasilkan kemampuan dalam mengelola organisasi dalam hal ini komunitas Bahasa Inggris, dan membangun kerjasama dalam pembagian tugas. Selain itu, komunitas ini dapat bermanfaat bagis masyarakat luas dimana Bahasa Inggris akan meningkat khususnya dalam hal berbicara Bahasa Inggris dengan benar dan lancar. (2) Kontribusi secara eksternal yang dapat mengharumkan nama sekolah, mempeluas jaringan dan dapat mengambil manfaat untuk belajar bahsa Inggris secara gratis. Berdasarkan minat dan bakat serta pengetahuannya di bidang Bahasa Inggris. Komunitas Bahasa Inggris ini menggunakan metode “Learning by doing” yang dicetuskan oleh John Dewey yang mudahkan siswa-siswi-siswi meningkatkan kemampuan berbahasa inggris baik dalam menulis, membaca, mendengar dan maupun berbicara Bahasa Inggris.

References

Bjorklund, David F. (2005). Children's Thinking: Cognitive Development and Individual Differences. Australia: Wadsworth.

EF EPI (English Proficiency Index), (2023). Daftar peringkat terbesar berdasarkan kemampuan bahasa Inggris di negara dan wilayah terbesar dunia. Di unduh dari: https://www.ef.co.id/epi/ tanggal 31 Januari 2024.

Alhadar F, Tawari S Rudi, Nurfani. (2024). Pengelolan Taman Baca Folila Kelurahan Kalaodi, Kota Tidore Kepulauan untuk Meningkatakan Minat Baca. Community Development Journal. Vol.5 Tahun 2024 1(1), 6229-6234.

Prehadini, T., Nufitasari, N., Indriyani, R., Masyitoh, D., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Komunitas Belajar Bahasa Inggris (KBBI) An Effort to Increase Tourism Potential as A Preparation for New Yogyakarta International http://tribunnews.com Airport Development.

Pranata S, Rejeki S Endang. (2023) English to Grow sebagaii Lembaga Komunitas Peningkatan Bahasa Inggris Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Nonformal: Membangun dan memberdayakan Masyarakat. PACE Indonesia.

Undang-undang No. 20 tahun (2003) tentang Sisten Pendidikan Nasional UUSISDIKNAS: https://goo.gl/efW8Ef.

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Amin, S. ., Aco, D. A. ., & Halil, C. B. . (2024). PEMBENTUKAN KOMUNITAS BAHASA INGGRIS “ENGLIFY ENGLISH COMMUNITY” DI SMA NEGERI 2 KOTA TERNATE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11439–11444. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37894