PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK KERUPUK RAMBAK DI UD IKABA MELALUI PELATIHAN MODERNISASI TEKNOLOGI PRODUKSI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37158Keywords:
Pelatihan, Kerupuk Rambak, Teknologi OtomatisasiAbstract
Kegiatan pengabdian ini merupakan upaya peningkatan produksi kerupuk rambak di UD. IKABA. Pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan penggunaan alat penggorengan yang telah dilengkapi sistem otomatisasi. Peserta dari pelatihan ini adalah pihak dari UD. IKABA yang meliputi pemilik dan beberapa karyawannya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dari mitra untuk peningkatan produksi kerupuk rambak. Kegiatan pelatihan ini dilakukan melalui beberapa tahap dimulai dari tahap persiapan dan koordinasi dengan mitra, penyiapan dan perancangan teknologi produksi, pelatihan dan pendampingan penggunakan teknologi produksi, deseminasi alat penggorengan, dan monitoring dan evaluasi. Berdasarkan hasil pelatihan peserta telah mampu memahami dan mempraktikan penerapan teknologi otomatisasi penggorengan kerupuk rambak. Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat mengoptimalkan produksi rambak di UD. IKABA dalam memenuhi permintaan konsumen akan produk rambak.References
Dewi Ari Jayanti, N. K. (2015). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Menggunakan Model Reorder Point. Eksplora Informatika, 5(1), 85–96.
Dinas Koperasi, U. K. dan M. P. J. T. (2022). Laporan Perhitungan Nilai Tambah Bruto Koperasi UMKM Jawa Timur.
Ilham, M. R., Bentri, A., & Anugrah, S. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI ALAT DISEMINASI PROGRAM BALAI DIKLAT INDUSTRI PADANG. 5(5), 6423–6437.
Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 103–116.
Jasiyah, R., Saifullah, Hasnah, S., Waangsir, F. W. F., Kusuma Dewi, A. P. R., & Marpaung, P. M. (2023). Pelatihan penulis artikel ilmiah terindeks scopus. Communnity Development Journal, 4(4), 7687–7692.
Nikmatus Sholocha, & Renny Oktafia. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Umkm Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 1157–1165. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie
Nur Ahmas, A. A., Sutrisno, T., & Ratnasari, I. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625
Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119–123.
Rahmiyati, N., & Rachmawati, T. (2023). Peningkatan Daya Saing Berbasis Teknologi Mekanis dan Digitalisasi Marketing Pada Usaha Kerupuk Tengiri di Kota Mojokerto. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional, 3(2), 19–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sholihah Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.