PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPA MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR INOVATIF TERINTEGRASI POTENSI LOKAL UNTUK OPTIMALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Rizki Arumning Tyas Universitas Negeri Yogyakarta
  • Insih Wilujeng Universitas Negeri Yogyakarta
  • Purwanti Widhy Hastuti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Susilowati Susilowati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37683

Keywords:

Guru IPA; Kompetensi; Kurikulum Merdeka; Modul Ajar Inovatif; Potensi Lokal

Abstract

Digitalisasi dan kecerdasan buatan telah membawa perubahan signifikan dalam peradaban manusia di Era Society 5.0, di mana manusia menjadi komponen utama dalam penggunaan teknologi modern. Dalam konteks pendidikan, tantangan utama muncul dalam pengembangan sumber daya manusia, terutama bagi guru yang perlu melek teknologi dan melatih keterampilan literasi siswa, termasuk numerasi, sains, dan kewarganegaraan. Peningkatan kompetensi profesional dan pedagogi guru sangat penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang inovatif dan menarik. Salah satu pendekatan yang efektif adalah mengintegrasikan potensi lokal dalam pembelajaran IPA. Namun, banyak guru yang masih menghadapi kendala dalam penerapan metode ini. Oleh karena itu, kreativitas guru dalam merancang pembelajaran yang mendukung kurikulum merdeka serta mengintegrasikan potensi lokal menjadi sangat diperlukan untuk menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan dan relevan bagi peserta didik. Program ini ditujukan untuk 25 guru IPA SMP Muhammadiyah Kabupaten Sleman, bertujuan melatih mereka dalam mendesain pembelajaran IPA yang inovatif dan terintegrasi dengan potensi lokal, mendukung implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan dilakukan melalui tutorial, workshop, penugasan terstruktur, dan konsultasi online. Evaluasi dilakukan melalui angket, observasi, dan pendampingan. Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa guru-guru tersebut memiliki kompetensi yang baik dalam mengembangkan modul ajar IPA terintegrasi potensi lokal.

References

Agustin, R. R., Liliasari, Sinaga, P., & Rochintaniawati, D. (2018). The investigation of science teachers’ experience in integrating digital technology into science teaching. Journal of Physics: Conference Series, 1013, 012079. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012079

Chieng, Y. E., & Tan, C. K. (2021). A Sequential Explanatory Investigation of TPACK: Malaysian Science Teachers? Survey and Perspective. International Journal of Information and Education Technology, 11(5), 235–241. https://doi.org/10.18178/ijiet.2021.11.5.1517

Destiara, M. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Materi Pisces terhadap Hasil Belajar. BIOEDUCA?: Journal of Biology Education, 2(2), 7. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6074

Huda, I., Yulisman, H., Evtia Nurina, C. I., Erni, F., & Abdullah, D. (2018). Investigating pre-service teachers about their competencies, experiences, and attitudes towards technology integration. Journal of Physics: Conference Series, 1114, 012033. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012033

Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Disrupsi dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1185–1196.

Nilsson, P. (2022). From PCK to TPACK - Supporting student teachers’ reflections and use of digital technologies in science teaching. Research in Science & Technological Education, 1–25.

Nilsson, P., & Karlsson, G. (2019). Capturing student teachers’ pedagogical content knowledge (PCK) using CoRes and digital technology. International Journal of Science Education, 41(4), 419–447. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1551642

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Setiawan, H., & Phillipson, S. (2020). The Correlation Between Social Media Usage in Academic Context and Self-Efficacy Towards TPACK of Prospective Science Teachers in Indonesia. Journal of Science Learning, 3(2), 106–116. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i2.22242

Shufa, F., & Khusna, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar?: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Sopacuaperu, S. F., Dewi, L., & Sucahyo. (2021). Potensi Lokal Taman Nasional Manusela sebagai Gagasan Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek (SNPBS), 101–112.

Srisawasdi, N. (2012). The Role of TPACK in Physics Classroom: Case Studies of Preservice Physics Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 3235–3243. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.043

Suarmika, P. E., Putu Arnyana, I. B., Suastra, I. W., & Margunayasa, I. G. (2022). Reconstruction of disaster education: The role of indigenous disaster mitigation for learning in Indonesian elementary schools. International Journal of Disaster Risk Reduction, 72, 102874. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2022.102874

Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J.-M., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., Vinchon, F., El Hayek, S., Augereau-Landais, M., Mourey, F., Feybesse, C., Sundquist, D., & Lubart, T. (2023). Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education. Journal of Intelligence, 11(3), 54. https://doi.org/10.3390/jintelligence11030054

Tseng, K.-H., Chang, C.-C., Lou, S.-J., & Chen, W.-P. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102. https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x

Tyas, R. A., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Jajanan Lokal Daerah Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 114–125. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.28459

Wilujeng, I., Purwasih, D., Hastuti, P. W., Tyas, R. A., Susilowati, S., Widowati, A., Sulistyowati, A., Rahimmiditya, K. K., & Zakwandi, R. (2024). Reconstruct Local Potential as Learning Resources to Support Science Learning. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i19.16543

Yayat Suharyat, Ichsan Ichsan, Tomi Apra Santosa, Sisi Yulianti, & Khodzijah Nur Amalia. (2022). Literature Review: TPACK-Based Science Learning in Supporting Teacher Quality in Indonesia. International Journal of Education and Literature, 1(2), 44–50. https://doi.org/10.55606/ijel.v1i2.

Downloads

Published

2024-11-17

How to Cite

Tyas, R. A. ., Wilujeng, I. ., Hastuti, P. W. ., & Susilowati, S. (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPA MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR INOVATIF TERINTEGRASI POTENSI LOKAL UNTUK OPTIMALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11361–11369. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37683

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.