EDUKASI TERKAIT TANTANGAN TERHADAP PROFESI AKUNTANSI DAN JENJANG KARIRNYA DI ERA 5.0

Authors

  • Iren Meita Universitas Bina Insani
  • Dade Nurdiniah Universitas Bina Insani
  • Indra Wijaya Universitas Bina Insani
  • Ferisanti Ferisanti Universitas Bina Insani
  • Afifah Velda Sari Universitas Bina Insani
  • Rangga Nugraha Putra Universitas Bina Insani

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37680

Keywords:

Era 5.0, Profesi Akuntansi, Revolusi Industri.

Abstract

Pesatnya perkembangan Teknologi Pada Era 4.0 dan 5.0 sekarang ini sangat diperlukan penambahan wawasan kepada para generasi muda, agar tidak tertinggal dan lebih mengetahui mengenai teknologi yang dapat memberikan kemudahan pada bidang pekerjaannya kelak terutama bidang akuntansi. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) khususnya bagi siswa-siswi dengan mengangkat tema edukasi terkait tantangan terhadap profesi akuntansi dan jenjang karirnya di era 5.0. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuka wawasan para siswa-siswi untuk tidak patah semangat dalam meneruskan cita-citanya dalam bidang akuntansi terlebih di era 5.0 saat ini. Kegiatan ini diikuti sebanyak 24 orang peserta yang dilaksanakan secara tatap muka kepada siswa dan siswi SMKN 3 Kota Bekasi yang berada di kelas 12. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan service learning method melalui tiga tahapan yaitu persiapan, pelatihan dan evaluasi. Hasil akhir dari pelatihan ini diperoleh peningkatan persentase dari jawaban pre test dan post test, di mana sebelumnya 17% yang mendapat nilai 100 pada post test mengalami peningkatan jawaban benar dalam pelaksanaannya adalah sebesar 70% mendapat nilai 100, sedangkan untuk tingkat kepuasan mitra sebesar 50%   menyatakan sangat puas, 50 % menyatakan puas.

References

Dewa, M. M. C., Kharisyami, P. W. Y., Navael, L. D., & Maulana, A. (2022). Peran Akuntan Dalam Menghadapi Digitalisasi Ekonomi Menjelang Era Society 5.0. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 7(3), 56–67. https://doi.org/10.29407/jae.v7i3.18492

Firmansyah, A., & Prakosa, D. K. (2021). Edukasi Terkait Optimalisasi Peran Profesi Akuntan Pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Society 5.0. Pengmasku, 1(2), 69–76. https://doi.org/10.54957/pengmasku.v1i2.98

Hidayatin, D. A., & Susanti, R. (2023). Ancaman dan Tantangan Profesi Akuntan Menghadapi Revolusi Digital Di Era Society 5.0. SEMANIS: Seminar Nasional Manajemen Bisnis, 1(1), 71–76. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/semanis/article/download/2065/1202

Kristianto, G. B., Yuliarti, L., & Istiningrum, R. F. (2024). Sosialisasi Dampak Profesi Akuntansi pada Era Digital 5.0. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 253–263. https://doi.org/10.55606/kreatif.v4i2.3666

Maraden, W., & Lestari, R. S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Karir Sebagai Profesi Akuntan Publik Bagi Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing, 7(2), 12–26. https://journals.stie-yai.ac.id/index.php/JRAA/article/download/341/281

Mulyajati, E., & Winama, R. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Soft Skills Bagi Pendidikan dan Karir di Era Industri 4 . 0. Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita, 01(01), 19–31.

Nugroho, A. N., Amarco, A. K., & Yasin, M. (2023). Perkembangan Industri 5.0 Terhadap Perekonomian Indonesia. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 95–106. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i3.1645

Nugroho, W. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. VOCATIONAL?: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 73–84.

Nurdiniah, D., Meita, I., & Wijaya, I. (2023). Pemberdayaan Generasi Milenial Dalam Memulai Bisnis di Era Digital. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/berdaya.v5i0.807

Pirnando, H. J. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Jenjang Karir Akuntansi. Fakultas Ekonomi Indonesia UII Yogyakarta, 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Prakosa, D. K., & Firmansyah, A. (2022). Apakah Revolusi Industri 5.0 Dapat Menghilangkan Profesi Akuntan? Jurnalku, 2(3), 316–340. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v2i3.282

Sari, R. U., Nur Rohmah, S., Nurjanah, S., Rahayu, S., & Ambarsari, Y. R. (2021). Profesi Akuntan Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Seminar Nasional & Call for Paperhubisintek 2021, 1242–1245.

Siagian, H. F. A. S. (2023). Mengenal Revolusi Industri 5.0. Diakses Tanggal 12 September 2024.

Sumarna, A. D. (2020). Akuntan Dalam Industri 4.0: Studi Kasus Kantor Jasa Akuntan (KJA) Di Wilayah Kepulauan Riau. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 100–109. https://doi.org/10.22225/kr.11.2.1255.100-109

Wijaya, I., Nurdiniah, D., & Meita, I. (2024). Edukasi Perpajakan Bagi Generasi Z Melalui Sistem Pajak Digital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 2572–2582.

Downloads

Published

2024-11-17

How to Cite

Meita, I. ., Nurdiniah, D. ., Wijaya, I. ., Ferisanti, F., Sari, A. V. ., & Putra, R. N. . (2024). EDUKASI TERKAIT TANTANGAN TERHADAP PROFESI AKUNTANSI DAN JENJANG KARIRNYA DI ERA 5.0. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11342–11347. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37680

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.