EDUKASI TERKAIT TANTANGAN TERHADAP PROFESI AKUNTANSI DAN JENJANG KARIRNYA DI ERA 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37680Keywords:
Era 5.0, Profesi Akuntansi, Revolusi Industri.Abstract
Pesatnya perkembangan Teknologi Pada Era 4.0 dan 5.0 sekarang ini sangat diperlukan penambahan wawasan kepada para generasi muda, agar tidak tertinggal dan lebih mengetahui mengenai teknologi yang dapat memberikan kemudahan pada bidang pekerjaannya kelak terutama bidang akuntansi. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) khususnya bagi siswa-siswi dengan mengangkat tema edukasi terkait tantangan terhadap profesi akuntansi dan jenjang karirnya di era 5.0. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuka wawasan para siswa-siswi untuk tidak patah semangat dalam meneruskan cita-citanya dalam bidang akuntansi terlebih di era 5.0 saat ini. Kegiatan ini diikuti sebanyak 24 orang peserta yang dilaksanakan secara tatap muka kepada siswa dan siswi SMKN 3 Kota Bekasi yang berada di kelas 12. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan service learning method melalui tiga tahapan yaitu persiapan, pelatihan dan evaluasi. Hasil akhir dari pelatihan ini diperoleh peningkatan persentase dari jawaban pre test dan post test, di mana sebelumnya 17% yang mendapat nilai 100 pada post test mengalami peningkatan jawaban benar dalam pelaksanaannya adalah sebesar 70% mendapat nilai 100, sedangkan untuk tingkat kepuasan mitra sebesar 50% menyatakan sangat puas, 50 % menyatakan puas.References
Dewa, M. M. C., Kharisyami, P. W. Y., Navael, L. D., & Maulana, A. (2022). Peran Akuntan Dalam Menghadapi Digitalisasi Ekonomi Menjelang Era Society 5.0. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 7(3), 56–67. https://doi.org/10.29407/jae.v7i3.18492
Firmansyah, A., & Prakosa, D. K. (2021). Edukasi Terkait Optimalisasi Peran Profesi Akuntan Pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Society 5.0. Pengmasku, 1(2), 69–76. https://doi.org/10.54957/pengmasku.v1i2.98
Hidayatin, D. A., & Susanti, R. (2023). Ancaman dan Tantangan Profesi Akuntan Menghadapi Revolusi Digital Di Era Society 5.0. SEMANIS: Seminar Nasional Manajemen Bisnis, 1(1), 71–76. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/semanis/article/download/2065/1202
Kristianto, G. B., Yuliarti, L., & Istiningrum, R. F. (2024). Sosialisasi Dampak Profesi Akuntansi pada Era Digital 5.0. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 253–263. https://doi.org/10.55606/kreatif.v4i2.3666
Maraden, W., & Lestari, R. S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Karir Sebagai Profesi Akuntan Publik Bagi Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing, 7(2), 12–26. https://journals.stie-yai.ac.id/index.php/JRAA/article/download/341/281
Mulyajati, E., & Winama, R. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Soft Skills Bagi Pendidikan dan Karir di Era Industri 4 . 0. Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita, 01(01), 19–31.
Nugroho, A. N., Amarco, A. K., & Yasin, M. (2023). Perkembangan Industri 5.0 Terhadap Perekonomian Indonesia. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 95–106. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i3.1645
Nugroho, W. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. VOCATIONAL?: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 73–84.
Nurdiniah, D., Meita, I., & Wijaya, I. (2023). Pemberdayaan Generasi Milenial Dalam Memulai Bisnis di Era Digital. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/berdaya.v5i0.807
Pirnando, H. J. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Jenjang Karir Akuntansi. Fakultas Ekonomi Indonesia UII Yogyakarta, 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Prakosa, D. K., & Firmansyah, A. (2022). Apakah Revolusi Industri 5.0 Dapat Menghilangkan Profesi Akuntan? Jurnalku, 2(3), 316–340. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v2i3.282
Sari, R. U., Nur Rohmah, S., Nurjanah, S., Rahayu, S., & Ambarsari, Y. R. (2021). Profesi Akuntan Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Seminar Nasional & Call for Paperhubisintek 2021, 1242–1245.
Siagian, H. F. A. S. (2023). Mengenal Revolusi Industri 5.0. Diakses Tanggal 12 September 2024.
Sumarna, A. D. (2020). Akuntan Dalam Industri 4.0: Studi Kasus Kantor Jasa Akuntan (KJA) Di Wilayah Kepulauan Riau. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 100–109. https://doi.org/10.22225/kr.11.2.1255.100-109
Wijaya, I., Nurdiniah, D., & Meita, I. (2024). Edukasi Perpajakan Bagi Generasi Z Melalui Sistem Pajak Digital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 2572–2582.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iren Meita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.