EDUKASI PENDIDIKAN KESEHATAN SEKOLAH PADA SISWA SISWI SMP KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37170Keywords:
Kesehatan dan SekolahAbstract
Edukasi kesehatan di sekolah merupakan upaya strategis untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa-siswi terhadap pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental, serta mendorong perilaku hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh edukasi kesehatan dalam lingkungan sekolah terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku kesehatan siswa-siswi SMP di Kota Makassar. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei pada 200 siswa/i dari berbagai sekolah menengah pertama di Makassar. Data diperoleh melalui kuesioner yang mencakup aspek nutrisi, kebersihan diri, pencegahan penyakit, dan aktivitas fisik. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang menerima edukasi kesehatan secara rutin di sekolah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang topik-topik kesehatan dan menunjukkan peningkatan perilaku hidup sehat dibandingkan dengan siswa yang tidak menerima edukasi serupa. Edukasi kesehatan di sekolah dinilai efektif dalam mendorong siswa untuk menjaga kebersihan diri, meningkatkan kebiasaan makan sehat, dan berpartisipasi dalam aktivitas fisik. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan frekuensi dan kualitas program edukasi kesehatan dalam kurikulum sekolah, serta kolaborasi dengan tenaga medis lokal untuk memastikan siswa menerima informasi yang akurat dan relevan.References
Fauzi, R. A., Hadiana, O., & Wahidi, R. (2024). Edukasi Penerapan Gaya Hidup Sehat Melalui Aktivitas Jasmani Pada Siswa Eakkapapsasanawich Islamic School Krabi Thailand. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 2227–2234.
Jourdan, D., Gray, N., Barry, M., Caffe, S., Cornu, C., Diagne, F., Hage, F. El, Farmer, M., Slade, S., Marmot, M., & Sawyer, S. (2021). Supporting every school to become a foundation for healthy lives. The Lancet. Child & Adolescent Health. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30316-3
Lee, A., Lo, A. S. C., Li, Q., Keung, V., & Kwong, A. (2020). Health Promoting Schools: An Update. Applied Health Economics and Health Policy, 18, 605–623. https://doi.org/10.1007/s40258-020-00575-8
Riskiyani, S., Thaha, R. M., Seftiani, C., Haris, A. R., Linggi, I. R., Ningtyas, C. A. C., Lazarus, J., Dorliyanti, E., & Rachmat, M. (2024). Edukasi life skills pencegahan perilaku bermasalah pada siswa sekolah menengah pertama. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–12.
Suiraoka, I. P., St, S., Ekawati, C. J. K., Putra, E. S., Gz, M., Lundy, F., Ns, Sk., Gejir, I. N., Saimi, S. K. M., Yuli Laraeni, S. K. M., & others. (2024). Promosi Kesehatan. CV Rey Media Grafika.
Ulfadhilah, K. (2024). Penanganan Kekerasan Mental Anak (Pola Asuh yang Merusak Kekerasan Mental Anak Usia Dini). Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 3(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasymyati Hasymyati, Nur Indah Atifah Anwar, Agus Sutriawan, Muslim Bin Ilyas, Alimin Alimin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.