KINCIR AIR (PLTA) : PENERAPAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Asep Rahmatullah Univeritas Bina Bangsa
  • Mutoharoh Mutoharoh Univeritas Bina Bangsa
  • Jihan Hanifah Universitas Bina Bangsa
  • M Arieza Pratama Univeritas Bina Bangsa
  • Anisa Anisa Univeritas Bina Bangsa
  • Tubagus Ardhana Hernansa Universitas Bina Bangsa
  • Diana Niati Manalu Universitas Bina Bangsa
  • Yurisma Pertiwi Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36434

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Service Learning, Difusi Ipteks, Kincir Air/PLTA

Abstract

Penyempurnaan sistem pendidikan saat ini dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka yang berfokus pada optimalisasi minat dan bakat siswa melalui materi esensial, pengembangan kompetensi dan pengembangan nilai karakter, perlu direspon dengan cepat dan tepat oleh pihak sekolah dan guru. Berdasarkan pada kajian literatur dan observasi yang dilakukan ditemukan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada tingkat sekolah dasar masih belum maksiml di implementasikan, apalagi pada sekolah dasar di daerah jauh dari perkotaan. Ketidakmaksimalan ini dikarenakan ketidakpahaman guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran sehingga proses pembelajaran didalam kelas tidak mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang ingin dihasilkan melalui penerapan P5 dalam kurikulum merdeka. Metode pelaksaaan yang dilakukan dalam kegiatan KKM-PkM ini, yaitu dengan menggunakan metode service learning dan difusi Ipteks, dimana metode ini merupakan kombinasi antara materi akademik dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara langsung baik melalui verbal dan visualisasi. Hasil kegiatan KKM-PkM ini, telah memberikan dampak positif dalam memberikan pemahaman yang komprehensif kepada siswa kelas VI berkaitan dengan materi pembelajaran IPA khususnya pada sub materi pembelajaran fisika melalui perakitan alat peraga pembelajaran (Kincir Air/PLTA), hal ini pun sesuai dengan tujuan dari kurikulum merdeka yaitu optimalisasi minat dan bakat siswa melalui materi esensial, pengembangan kompetensi dan pengembangan nilai karakter.

References

Zainil, M., Kenedi, A.K., Arwin, Sylvia, I., Khairat, F., & Oktavia, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran STEM pada Kurikulum Merdeka Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 354-366. https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2651

Faradiba, Guswantoro, T., Malau, D.N., Sianturi, M., Lumbantombing, S.S., Masta, N., Azzahra, S.F., Olla, Y.M., Gu, M., & Nomleni, M.V. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Motor Listrik Sederhana Kepada Siswa di SMA Darussalam Ciputat. Jurnal Comunità Servizio, 5(1), 1078-1091. https://doi.org/10.33541/cs.v5i1.4592

Kencana, T.A.A., Disha, L.P.I., Prameswari, A.D., Iswardani, F.A., Hidayah, H., Subiki., & Maryani.(2023). Penerapan Alat Peraga Sederhana PLTA Untuk Media Pembelajaran Laboratorium Fisika Pada Peserta Didik. Jurnal Sains Riset,13(2),400-408. https://doi.org/10.47647/jsr.v13i2.1545

Diqi, H. H., Ratnaya, I. G., & Adiarta, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Air. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9 (2), 93- 103.

Suyamto, S. (2022). Implementasi Praktikum Fisika Dengan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Pembangkit Listrik Sederhana Tenaga Air. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2 (1), 106-112. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.1072

Saragi,J.F. HT., Purba, J.S. (2021). Pemanfaatan Arus Air Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro.Jurnal Abdi Sabha. 2(1), 25-31

Diqi, H. H., Ratnaya, I. G., & Adiarta, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Air. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9 (2), 93- 103.

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

Rahmatullah, A. ., Mutoharoh, M., Hanifah, J. ., Pratama, M. A. ., Anisa, A., Hernansa, T. A. ., Manalu, D. N. ., & Pertiwi, Y. . (2024). KINCIR AIR (PLTA) : PENERAPAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10216–10221. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36434