UPAYA MEWUJUDKAN SEKOLAH SEHAT 2024 MELALUI ORIENTASI AKSI BERGIZI PADA SISWA SMPN 1 BANGKALAN

Authors

  • Dini Setiarsih Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rizki Nurmalya Kardina Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rizki Amalia Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Luluk Nadhiva Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Habibah Salsabila Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Dhinar Maulidya Ayu Efendi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Helma Marsha Narindra Mumtaza Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36622

Keywords:

Aksi Bergizi, Fasilitator, Orientasi, Siswa, Sekolah Sehat

Abstract

Program Aksi Bergizi merupakan sebuah gerakan nasional yang menjadi salah satu upaya mencegah masalah gizi khususnya anemia pada remaja. Namun belum semua sekolah mendapatkan orientasi dan pendampingan secara intensif sehingga pelaksanaannya kurang optimal. Salah satu satuan pendidikan di Bangkalan yang juga belum pernah mendapatkan pendampingan Aksi Bergizi adalah SMPN 1 Bangkalan. Sementara itu pada tahun 2024 ini, SMPN 1 Bangkalan berupaya mewujudkan Sekolah Sehat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mitra yaitu siswa sebagai fasilitator Aksi Bergizi yang dapat mendukung terwujudnya aspek sehat bergizi pada program Sekolah Sehat. Metode kegiatan meliputi orientasi, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendampingan dan evaluasi. Tahapan pelaksanaan meliputi diskusi persiapan dengan mitra, persiapan alat dan bahan, pre test, orientasi, post test, monitoring dan evaluasi. Hasil pre test dan post test dianalisis dengan uji Paired T Test pada program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre test dan post test (p value = 0,000). Hasil uji statistik tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan siswa mengalami peningkatan yang bermakna setelah orientasi Aksi Bergizi dilakukan. Hal tersebut menunjukkan kegiatan edukasi dan orientasi berdampak positif terhadap peningkatan pengetahuan peserta. Dan tidak hanya aspek pengetahuan, maka kapasitas peserta sebagai fasilitator diyakini telah terbentuk melalui kegiatan orientasi tersebut.

References

Azhari, N., Yusriani, Y., & Kurnaesih, E. . (2023). Pengaruh Edukasi Melalui Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Riset Media Keperawatan, 5(1), 38-43. https://doi.org/10.51851/jrmk.v5i1.314

Budiono, I., Putriningtyas, N. D., Indrawati, F., Kasman, K., & Kurniawan, F. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Melalui Edukasi dengan Media Permainan Ular Tangga pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 2(2).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018.

Purwanti, A., Suparji, S., & Nugroho, H. S. W. (2020). Metode Emo-Demo Merupakan Metode Efektif dalam Perubahan Perilaku Pencegahan dalam Pernikahan Dini pada Remaja Putri. Jurnal Penelitian Kesehatan, 11, 101-106. http://dx.doi.org/10.33846/sf11nk417

Putri, P. H., Andini, A., Raharjeng, S. H., Viantry, P., & Setiarsih, D. (2022). Orientation Program of the Nutrition and Health Intervention Components to Stimulate Health Promoting School in Kediri District, East Java, Indonesia. Proceeding of International Conference on Ummah.

Rosita, A., Dahrizal, D., & Lestari, W. (2021). Metode Emo Demo Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Raflesia, 3(2), 11-22. doi:10.33088/jkr.v3i2.690

Sayuti, S., Almuhaimin, A., Sofiyetti, S., & Sari. (2022). Efektivitas Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa dalam Penerapan Protokol Kesehatan di SMPN 19 Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 6 (2). https://doi.org/10.22437/jkmj.v6i2.20624

Suardi, T.S. (2024). Pengaruh Edukasi Kesehatan Dengan Video Emo-Demo Terhadap Pengetahuan Pemilihan Bahan Makanan Mengandung Zat Besi Pada Remaja Putri Di Wilayah Kerja Puskesmas Batipuh I. JAKIA : Jurnal Kesehatan Ibu Dan Anak, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.62527/jakia.1.2.13

Suhandono, S., Elfiyani, N. K., Christiani, Y., Yani, F. D., Mariance, O., & Setiawan, P. (2024). Emo-Demo: Metode Inovatif Penguatan Perilaku Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) dalam Upaya Penurunan dan Pencegahan Stunting. Save the Choldren Indonesia.

Unicef Indonesia. (2019). Program Gizi Remaja Aksi Bergizi: Dari Kabupaten Percontohan Menuju Perluasan Nasional.

Downloads

Published

2024-10-27

How to Cite

Setiarsih, D. ., Kardina, R. N. ., Amalia, R. ., Nadhiva, L. ., Salsabila, H. ., Efendi, D. M. A. ., & Mumtaza, H. M. N. . (2024). UPAYA MEWUJUDKAN SEKOLAH SEHAT 2024 MELALUI ORIENTASI AKSI BERGIZI PADA SISWA SMPN 1 BANGKALAN . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10382–10386. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36622