KURSUS ONLINE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK PEMULA

Authors

  • Rosidin Rosidin Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Desty Endrawati Subroto Universitas Bina Bangsa
  • Arjang Arjang Universitas Indonesia Timur
  • Rino Lengam Universitas Pattimura
  • Bekti Utomo Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Juni Iswanto Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35225

Keywords:

Aplikasi Mobile, Pengembangan, Pengabdian Masyarakat.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjudul Kursus Online Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Pemula yang dilaksanakan pada 11 April 2024. Dalam era digital saat ini, kebutuhan akan aplikasi mobile semakin meningkat, namun akses terhadap pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkannya masih terbatas, terutama bagi pemula. Oleh karena itu, kursus ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar dan keterampilan praktis dalam pengembangan aplikasi mobile. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi penyampaian materi secara daring melalui platform Zoom, diikuti dengan sesi interaktif dan proyek nyata yang memungkinkan peserta untuk membuat aplikasi sederhana. Dari hasil evaluasi, 90% peserta menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan, serta berhasil menyelesaikan proyek aplikasi mereka. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman teknis, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri peserta untuk mengeksplorasi dunia pengembangan teknologi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, pengembangan aplikasi mobile dapat diakses oleh berbagai kalangan, dan pentingnya inisiatif semacam ini untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam era digital

References

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Anindyati, L. (2023). Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa dan Sistem Informasi Pemeliharaan Aplikasi (Studi Kasus: Chatbot Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Astra). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik), 10(2), 291–300.

Astuti, E., Yunita, P., Tambunan, F., Wahyuni, F. S., & Setiyawati, R. I. (2023). Pelatihan Pengenalan dan Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel pada SMU Swasta Dharmawangsa Medan. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 50–57.

Fadillah, A. (2024). Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Flutter untuk Pengenalan Objek dalam Video Real-Time. Tugas Mahasiswa Program Studi Informatika, 1(2).

Kamilla, A. C., Priyani, N., Pranatawijaya, V. H., & Sari, N. N. K. (2024). PENGEMBANGAN APLIKASI KASIR MOBILE YANG EFISIEN. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 5966–5971.

Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.

Srinarwati, D. R., Muhyi, M., Ardhianti, M., Prabowo, T. A., Samodra, I. K., Sutrisno, J., & Rahman, A. S. (2023). DEVELOPMENT OF CHARACTER VALUES FORWARD (Independent, Active, Honest and Tenacious) AT TARUNA DEVELOPMENT INTENSIVE HIGH SCHOOL, SURABAYA. SOSIOEDUKASI JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 12(2), 196–202.

Srinarwati, D. R., Setiawan, R., & Zaman, A. Q. (2024). Religiosity and Consumerism: An Autopsy on Ideological Paradoxes in Islamic Religious Congregation. KnE Social Sciences, 87–99.

Srinarwati, D. R., Zaman, A. Q., & Utami, E. S. (2023). Development of children’s social care attitudes through advocacy activities. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(4), 589–595.

Suhartono, S., Srinarwati, D. R., Sari, M. M. K., Kholidah, N. R. J., Nilakandi, T. N., Imaniar, R., & Widogo, E. (2024). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Anggota MGMP PPKn SMA Negeri Dan Swasta Kota Surabaya. Kolaborasi: Jurnal Hasil Kegiatan Kolaborasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 35–41.

Suyono, S., Suhari, S., Srinarwati, D. R., Ulfa, N. S., & Andriayani, N. B. (2022). Optimalisasi Power Point Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3(1), 185–189.

Virtalioka, S., Vernanda, D., & Nurpazri, A. R. (2024). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI RENTAL MOBIL DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT BERBASIS MOBILE. Jurnal Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi, 3(3), 90–97.

Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.

Wulantresna, P., Dewi, R. D. L. P., Prihadini, D., & Retnosari, D. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Pelaksanaan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Grab Merchant Pada Pt. Grab Teknologi Indonesia. LUGAS Jurnal Komunikasi, 6(2), 145–153.

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Rosidin, R., Subroto, D. E. ., Arjang, A., Lengam, R. ., Utomo, B. ., & Iswanto, J. . (2024). KURSUS ONLINE PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK PEMULA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9119–9124. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35225