PENERAPAN PIJAT OKSITOSIN DALAM UPAYA MEMPERBANYAK PRODUKSI ASI MELALUI PENYULUHAN DI DESA SAMATAN KECAMATAN PROPPO

Authors

  • Alfiatus Sholehah Universitas Islam Madura
  • Kinanatul Qomariyah Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22510

Keywords:

Pijat Oksitosin Untuk Memperbanyak Produksi Asi

Abstract

Menyusui adalah cara yang optimal dalam memberikan nutrisi dan mengasuh bayi, cakupan pemberian ASI pada umur 0-6 bulan masih cukup rendah yaitu sebesar 52,3% masih dibawah target. Berdasarkan hal tersebut maka tim pengabdian masyarakt tertarik untuk meningkatkan pengetahuan Bidan Tentang Pijat Oksitosin dalam Upaya Memperbanyak Produksi ASI. Pelaksanaan kegiatan pengabmas ini ditujukan kepada calon ibu menyusui (hamil), ibu menyusui dan ibu yang bersalin di klinik Taman Sari. Kegiatan dimulai bulan Mei 2019 sampai dengan Agustus 2019 bertempat di Klinik Taman Sari Kota Peknbaru. Metode pelaksanaan pendampingan dan penerapan pijat oksitosin terdiri- dari penyegaran pengetahuan dan ketrampilan bidan melakukan pijat oksitosin. Hasil pengabdian masyarakat ini dapat meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan Bidan dalam melakukan pijat oksitosin. Terdapat peningkatan pengetahuann bidan sebanyak 53% dan keterampilan 100% dan semua ibu bersalin sudah memberikan ASI pada bayinya. Hendaknya setiap ibu bersalin harus diajarkan teknik pijat oksitosin dan menjadi asuhan rutin bagi setiap ibu bersalin sebagai upaya memperbanyak ASI

References

Anggraeni, T. R., Dewi, N. R., Kesumadewi, T., & Kunci, K. (2021). Puskesmas Kota Metro Implementation Of Oxytocin Massage To Increase Assembly Expenditure Of Breast Milk In Post Partum Komposisi Yang Terus Berganti Untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Dan Yang Penting Pada Laktasi . Ketika Puting Oleh Isapan Hipofisis Posterior Diperintahkan Oleh Hipotalamus Memproduksi Mengandung Komponen Imunologi Aktif Yang Perlindungan Melawan Spektrum Luar Infeksi Bakteri , Menyusui Merupakan Proses Fisiologis Untuk Memberikan Nutrisi Kepada Bayi Secara Optimal . Tidak Ada Hal Yang Lebih Selain Memperoleh Nutrisi Yang Proses Dimulai Setelah Ibu Oksitosin Merupakan Hormon Yang Penting Pada Laktasi . Ketika Puting Susu Distimulasi Oleh Isapan Posterior Memproduksi Oksitosin . Hormon Ini Susu ( Milk Ejection Reflex- Mer ) Atau Oksitosin Mengeluarkan Dengan Susu Berkontraksi Melalui Duktus Melahirkan , Maka Terjadi Penurunan Memicu Kelenjar Pelepasan Hipofisis Prolaktin Kehamilan , Prolaktin Mempersiapkan Upaya Yang Dapat Dilakukan Dalam Membantu Mempercepat Pengeluaran Asi Yaitu Dengan Melakukan Pijat Oksitosin . Pijat Oksitosin Dilakukan Pada Payudara Untuk Menyekresi Susu Dan Kadar Tertinggi Terjadi Selama 10 Hari Pertama Atas Kadar Batas Selama Laktasi . Prolaktin Isapan Bayi Dan Pengosongan Payudara . Anggraeni , Penerapan Pijat Oksitosin …. 1(September), 361–371.

Aryani, Y., Alyensi, F., Kebidanan, J., & Riau, P. K. (2019). Penerapan Pijat Oksitosin Dalam Upaya Memperbanyak Produksi Asi Melalui Pelatihan Para Bidan. 3(2), 361–367.

Fara, Y. D., Sagita, Y. D., Safitry, E., Kebidanan, P., Sarjana, P., Kesehatan, F., & Pringsewu, U. A. (N.D.). Jurnal Maternitas Aisyah (Jaman Aisyah) Universitas Aisyah Pringsewu Journal Homepage.

Marsilia, I. D. (N.D.). The Effect Of Oxytocin Massage And Breast Care On Breast Milk Production Of Postpartum Mothers At Ar Clinic Pasar Rebo In 2019.

Widyawati, E., & Sari, K. (2023). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi Asi Pada Ibu Nifas. 1(2), 827–834.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Sholehah, A. ., & Qomariyah, K. . (2023). PENERAPAN PIJAT OKSITOSIN DALAM UPAYA MEMPERBANYAK PRODUKSI ASI MELALUI PENYULUHAN DI DESA SAMATAN KECAMATAN PROPPO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11502–11504. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22510