PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PROYEK UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI PENDIDIK PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33434Keywords:
Perangkat pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, Pendidik TKAbstract
Permasalahan di Kecamatan Kepanjenkidul mengungkapkan bahwa ketersediaan guru dan sekolah penggerak hanya satu. Guru mengaku megalami kendala kekurangan sumber informasi untuk mempelajari kurikulum merdeka termasuk proyek penguatan profil pelajar Pancasila. sebagian besar referensi pembelajaran hanya diperoleh dari PMM (Platfrom Merdeka Mengajar). Maka dari itu, pelatihan ini dilaksanakan sebagai jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh guru berupa tindakan investatif pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dan proyek untuk penguatan profil pelajar pancasila bagi pendidik guna meningkatkan HOTS dan karakter Pancasila pada anak. Pelatihan ini dilakukan selama 2 hari, Adapun alurnya meliputi pendalaman materi, analisis kasus berupa dokumen RPP dan contoh video kegiatan belajar anak, workshop, peer dan expert review, Forum Group Discussion (FGD), uji coba lapangan, revisi draft, kompilasi proyek peserta, dan penerbitan buku oleh tim pengabdian. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan materi dari 78.5 ke 86.6, peningkatan kemampuan merancang pembelajaran dari 76.6 ke 88.07 guru telah kompeten menyusun modul ajar dengan skor 82, kompeten dalam merumuskan tujuan pembelajaran dengan skor 86, kompeten dalam merancang pembelajaran berbasis masalah dan proyek dengan skor 85, kompeten dalam memanfaatkan multisumber dan media serta bahan dan alat dengan skor 82, dan kompeten dalam merancang asesmen otentik dengan skor 84.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Wayan Sutama, Wuri Astuti, Pramono Pramono, Nur Anisa, Helnia Wulandari, Intan Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.