SOSIALISASI PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33201Keywords:
Gadget, Game, Animasi, Sekolah DasarAbstract
Gadget merupakan salah satu teknologi yang populer. Dalam bahasa Inggris, istilah "gadget" mengacu pada perangkat elektronik seperti laptop, PC, telepon genggam, dan sebagainya. Pada umumnya, anak muda menggunakan gadget untuk bermain, menonton film, bermain web, dan sebagai media pembelajaran. Penggunaan gadget secara berlebihan dapat berdampak buruk pada perkembangan dan kemajuan anak muda. Teknik yang digunakan adalah ceramah dan strategi, yaitu dengan saling menyampaikan materi dan solusi kemudian dilakukan diskusi bolak-balik dengan anak-anak di Klumpang Kebun Town, khususnya di Dusun I Sidorame Timur di TPQ Nur Insani Khairi.References
Alfizri, Lutfi, Muhammad Miftahudin, and Mohammad Imam Addaruqni. 2023. “Sosialisasi Pengaruh Penggunaan Gedget Terhadap Perkembangan Anak Tingkat Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ.
Ariston, Yummi, and Frahasini Frahasini. 2018. “Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar.” Journal of Educational Review and Research 1(2):86. doi: 10.26737/jerr.v1i2.1675.
Haerunisya, Nur Ifani, Widya Putri Zzahrani, Ayu Sekar Sari, and Zelika Awine Windarti. 2023. “Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak SD Negeri Maguwoharjo 1.” GIAT : Teknologi Untuk Masyarakat 2(1):69–77. doi: 10.24002/giat.v2i1.7232.
Hasanah, Uswatun, and Tamara Dwi Rizkyna Setya. 2022. “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( Kesehatan ) Vol 4 No 1 April 2022 Universitas Ubudiyah Indonesia SOSIALISASI PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK
TINGKAT SEKOLAH DASAR S-1 Psikologi , Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas
Ubudiyah I.” 4(1).
Jalilah, Siti Rahmi. 2021. “Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Fisik Dan Perubahan Perilaku Pada Anak Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1):28–37. doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1716.
Pramono, Pramono, Yudgitia Dian Putra, I. Wayan Sutama, Munaisratri Tirtaningsih, Ajeng
Galuh, and Safira Badzlin. 2024. “MPLEMENTASI PERMAINAN KARTU KREATIF
SEBAGAI MEDIA.” 5(4):6422–26.
Putra, Erwin Dwika, and Marissa Utami. 2022. “Sosialisasi Bahaya Penggunaan Gadget Pada Anak Sekolah Dasar.” JPMTT: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan 2(2):64–68.
Putri, Yesi Zenggia, Sri Handayani, Surya Ade Saputera, Yetman Erwandi, and Faisal Luthfi. 2023. “Sosialisasi Dampak Gadget Terhadap Anak Sekolah Dasar Di Sd 13 Kota Bengkulu.” Community Development Journal 4(4):8882–85.
Rosidah, Cholifah Tur, Audita Kurnianingrum, Farisa Rahma, Elena Suci, Bella Mardani, and Isfar Surya. 2023. “Sosialisasi Dampak Gadget Pada Anak: Kkn Mahasiswa Universitas Adi Buana Di Desa Betro.” Pancasona 2(1):85–90. doi: 10.36456/pancasona.v2i1.6856.
Yumarni, Vivi. 2022. “Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini.” Jurnal Literasiologi
(2):107–19. doi: 10.47783/literasiologi.v8i2.369.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tumiyem Tumiyem, Azizah Yusra Amaliyah Harahap, Dewi Purnama Sari, Hadi Widodo, Atisti Irene Puspita, Tantri Nur Aminah, Cindy Pradina, Aslan Dongoran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.