PENDAMPINGAN MENULIS PUISI DENGAN HYPNOTIK ENERGI SEBAGAI REFRESHING BAGI SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32952Keywords:
Pendampingan, Menulis, Puisi, Hypnotik EnergiAbstract
Permasalahan yang dihadapi siswa/i SMPN 4 Tanjung Pura selama ini adalah: (1) kurangnya pemahaman siswa mengenai materi puisi, (2) kurangnya kemampuan siswa dalam menulis puisi, dan (3) keadaan sosial ekonomi siswa menyebabkan siswa mengalami beberapa kendala untuk bisa meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan literasi. Oleh karena itu, dibutuhkan pendampingan menulis puisi dengan menggunakan metode hypnotik energi sebagai refreshing bagi siswa di SMP Negeri 4 Tanjung Pura Kabupaten Langkat dengan harapan kegiatan ini akan membawa dampak positif bagi siswa khususnya untuk meningkatkan pengetahuan mengenai puisi, keterampilan menulis puisi dan melalui hipnosis energi diharapkan siswa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk menulis sehingga berdampak terhadap peningkatan motivasi belajar dan kemampuan literasi siswa. Metode pengabdian yang digunakan, yaitu (1) metode pendidikan dilakukan dengan cara menjelaskan pentingnya memiliki belajar tentang sastra, memahami puisi dan pentingnya memiliki keterampilan menulis puisi, (2) metode latihan dan praktik untuk melatih keterampilan menulis siswa khusunya menulis puisi, dan (3) bimbingan dan pendampingan dalam menerapkan pendekatan hypnotik energi dalam menulis puisi sehingga mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Haisl PkM, yaitu siswa/i berpartisipasi aktif mengikuti pendampingan, guru dan siswa dapat mengetahui manfaat kegiatan pendampingan menulis puisi dengan hypnotik energi, siswa/i mampu mengaplikasikan kemampuan menulis puisi sebagai pendukung proses pembelajaran di sekolah serta menumbuhkan semangat dan motivasi belajar.References
Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39-46.
https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183
Fathurohman, I. (2023). Evaluasi Penilaian Ekspresi Keterampilan Membaca Puisi Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 515–521. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.2993
Noer, F. noer zannah. (2022). Kemampuan Membaca Puisi Peserta Didik Kelas Iia Sdn 1 Karangsari Kabupaten Banyuwangi Di Era New Normal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 36(2), 115–128. https://doi.org/10.21009/pip.362.3
Sahmini Dkk (2023). Best Practice Of Short Story Writing With Hypnotic Energy As Post- Pandemic Innovation (Menulis Cerpen Dengan Hypnotik Energi Sebagai Kegiatan Refreshing Pasca Pandemi Bagi Mahasiswa). Jurnal Gramatika Vol 9, No 1 Https://Ejournal.Upgrisba.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Gramatika/Article/View/6539
Satinem, S., Juwati, J., & Noermanzah, N. (2020). Developing teaching material of poetry appreciation based on students competency analysis English Review: Journal of English Education, 8(2), 237. doi:10.25134/erjee.v8i2.2707
Siregar, N., Sari Nasution, D., Salamah Hasibuan, E., Cahaya Hasibuan, M., Melani, R., Hasibuan, N., & Mardiah, R. (2023). Pendampingan Pembuatan Puisi Pada Guru Bahasa Indonesia Di Mis Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(3), 257–263. https://doi.org/10.36341/jpm.v6i3.3157
Tim LPPM Unimed. 2023. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Medan: LPPM Unimed.
Yono, R. R. (2020). Pelatihan Membaca Puisi Bagi Siswa Madrasah Diniyah Ta’limul
Huda Desa Randusanga Wetan. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2),
https://doi.org/10.32503/cendekia.v2i2.858
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wisman Hadi, Rosmaini Rosmaini, Lili Tansliova, Ika Febriana , Mustika Wati Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.